Connect with us

Pendidikan

Cari Informasi Sekolah di Kota Idaman, Kunjungi Expo Pendidikan Banjarbaru 2019

Diterbitkan

pada

Expo Pendidikan Kota Banjarbaru tahun 2019 berlangsung 30 April hingga 2 Mei di lapangan Murjani Banjarbaru. foto : rico

BANJARBARU, Expo Pendidikan Kota Banjarbaru tahun 2019, secara resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dr H Muhammad Aswan MSi, di lapangan Murjani, Selasa (30/4/2019).

Panitia Pelaksana Expo Pendidikan Kota Banjarbaru tahun 2019, Suwardi MPd mengatakan, Expo Pendidikan 2019 dilaksanakan dari tanggal 30 April sampai 2 Mei 2019, sekaligus melaksanakan upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional tahun 2019.

“Jumlah peserta Expo Pendidikan 2019 sebanyak 30 stand, terdiri dari 5 stand PAUD, 1 stand sekolah inklusi, 5 stand dari SD yang diwakili 1 dari masing-masing kecamatan, 4 stand dari SMP, 2 stand dari SMA, 2 stand dari SMK, 3 stand PKBM, 1 stand LKP, 1 stand HIPKI, 1 stand SKB, 3 stand perguruan tinggi, 1 stand panitia dan 1 stand sponsor,” ujar Suwardi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Dr H Muhammad Aswan MSi menyebutkan, kualitas pendidikan sangat penting bagi generasi sekarang ini. Karena generasi mudalah yang akan memimpin negeri ini ke depan.

“Bila generasi muda-mudi sekarang ini tidak mendapatkan kualitas yang bagus di dalam pendidikan, maka kita akan tertinggal dari negara-negara yang lain. Di sinilah peran pentingnya pendidikan, yaitu untuk meningkatkan kualitas generasi pemuda dan pemudi zaman ini agar mereka tidak tertinggal dengan seiring berkembangnya zaman,” ujanya.

Aswan meyakini pendidikan merupakan investasi jangka panjang, karenanya sebagi orang tua para siswa juga harus selektif dalam menentukan sekolah untuk anak-anak jenjang pendidikan. mengingat sekolah merupakan salah satu sarana untuk mendapatkan pendidikan. Expo Pendidikan yang dilaksanakan akan membuka akses bagi orangtua untuk memperoleh informasi yang diperlukan tentang sekolah-sekolah.

“Expo pendidikan ini merupakan ajang sosialisasi bagi pengelola sekolah memberi informasi dan gambaran yang lengkap tentang sekolah yang dikelola,” sebutnya.

Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru meyakini, apa yang dikutip dari pakar psikolog dan pengamat pendidikan anak, Seto Mulyadi, setidaknya ada 6 kriteria yang dapat menjadi acuan dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak, yaitu kenali visi misi sekolah, mengenali tujuan sekolah akan memudahkan orang tua untuk menyelaraskan visi sekolah dengan keinginan orang tua. Contohnya, jika ingin mengenalkan anak sejak dini pada ajaran agama, maka sekolah berbasis agama dapat menjadi pilihan.

Pertimbangkan kualitas para tenaga pengajar di sekolah tersebut, tenaga pengajar akan menggantikan peran orang tua selama anak berada di sekolah.

“Oleh sebab itu, kita harus memastikan anak kita dididik oleh guru yang memiliki kedekatan dengan anak-anak dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menyampaikan pelajaran,” sebut Aswan.

Mempertimbangkan fasilitas dan lingkungan sekolah, fasilitas yang baik akan menjadi penunjang keberhasilan anak dalam belajar. Saat anak merasa nyaman, maka belajar pun akan terasa menyenangkan. Perhitungkan jarak sekolah dari rumah, jarak antara sekolah dengan rumah patut dipertimbangkan, karena jika jarak tempuhnya dari rumah terlalu jauh, anak akan mudah merasa lelah di perjalanan, sehingga semangatnya untuk belajar sesampainya di sekolah akan berkurang.

Kenali karakter anak dan kebutuhannya untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan anak, sebelum mengambil keputusan, ada baiknya orang tua mempelajari terlebih dahulukebutuhan pendidikan dan karakter anak. Serta pikirkan matang-matang kemampuan finansial untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, kebanyakan sekolah mahal memang didukung oleh fasilitas dan sarana juga prasarana yang berkualitas.

Namun tidak menutup kemungkinan, sekolah yang harganya standar juga memiliki kurikulum dan pendekatan belajar yang unik dan justru sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak. Tapi yang harus diingat adalah sekolah yang baik akan memberikan layanan pembelajaran yang berorientasi kepada nilai-nilai sikap dan pendidikan karakter anak, mengedepankan aspek akhlak, moral dan budi pekerti luhur tanpa mengesampingkan aspek intelektual dan keterampilan atau kecakapan hidup. (rico)

Reporter:Rico
Editor:Bie

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->