Connect with us

Budaya

Banjarbaru Murdjani Festival 2023: Tarian Kolosal, Komunitas, Fashion Show Inklusi hingga Penampilan Bebi Romeo

Diterbitkan

pada

50 penari Tarian Kolosal mengiringi euforia gelaran pembukaan Banjarbaru Murdjani Festival 2023 di lapangan dr Murdjani Banjarbaru, Jum'at (8/12/2023) malam. Foto: Wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Gelaran Banjarbaru Murdjani Festival 2023 resmi dibuka Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin, Jumat (8/12/2023) malam.

Masyarakat Kota Banjarbaru dibuat larut dalam lewat festival yang dibuka dengan penampilan memukau dari 50 penari tarian kolosal Majestic Banjarbaru dibarengi dengan kegiatan fashion show inklusi.

Rangkaian acara Banjarbaru Murdjani Festival 2023 telah dimulai sejak sore hari dengan agenda pertama yakni Unjuk Masak RT Mandiri Banjarbaru. Berlanjut malam harinya di panggung utama lapangan dr Murdjani.

Baca juga: Siapkan Surat Peringatan Ketiga, Bangunan Liar di Trikora Bakal Kena Bongkar

Festival tahunan ini kembali hadir berbeda dengan memadukan banyak komunitas, pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat Banjarbaru untuk membentuk sebuah gelaran yang ikonik.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru, A Yani Makie mengungkapkan bahwa itu lah yang menjadi pembeda dari festival-festival sebelumnya.

Di mana pihaknya menyatukan berbagai spirit melalui tema-tema yang diangkat dalam festival kali ini.

Baca juga: Perpanjangan SIM Kini Bisa Dilakukan di MPP Banjarmasin

“Tahun ini menajdi festival yang berbeda dengan mengangkat spirit ramah lingkungan, inklusifitas, pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan komunitas yang menjadi landasan pelaksanaan festival ini,” ucap A Yani Makie.

Sebagai bukti nyata ada sebanyak 28 komunitas ikut melibatkan diri sebagai kolaborator, hingga ada sekitar 5 SKPD yang turut hadir menjadi bagian 50 penari dalam gelaran tari kolosal tersebut.

“Ditambah penarinya juga merupakan warga Kota Banjarbaru dengan berbagai latar belakang mulai dari pegawai negeri sipil, mahasiswa, aktivis, seniman dan lainnya,” sambung dia.

Di sisi lain hangatnya wadah inklusifitas diciptakan melalui festival ini. Seperti diketahui, dalam kegiatan ini pihaknya mengakomodir kesetaraan para perempuan dan disabilitas di Kota Banjarbaru.

Baca juga: Dua Penghargaan AMPK 2023 Diraih Dispersip Kalsel

Alhasil hampir rata-rata komunitas dan volunter hingga kepanitiaan dipenuhi oleh kaum peremuan yang ikut terlibat, serta kelompok disabilitas yang juga tampil memukau di kegiatan fashion show inklusi.

“Dari perhelatan festival ini juga kami berhasil menghimpun 60 lebih warga Banjarbaru dengan beragam latar belakang untuk terlibat menjadi volunter,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin mengucapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan tahunan ini dengan

“Alhamdulillah festival ini dapat setiap tahun hadir dengan tema yang berbeda-beda, hari ini juga kita membersamai teman teman disabilitas, teman-teman pengusaha kopi di Kota Banjarbaru dan berbagai macam komunitas lain,” Wali Kota Aditya.

Baca juga: PLN Fasilitasi Pelatihan dan Pembuatan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

Ia optimis dengan mengangkat suatu gelaran berkonsep berbeda seperti ini menjadi daya tarik sendiri bagi sektor wisata, ekonomi hingga sosial budaya di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Banjarbaru Murdjani Festival 2023 dirangkai dengan berbagai kegiatan yang dapat dikunjungi masyarakat mulai dari tanggal 8-10 Desember 2023.

Di antaranya Murdjani Coffee Time, Murdjani Retrospeskti, warna-warni Banjarbaru yang dikemas dengan perlombaan mewarnai dan balogo, komunitas teras inklusi, tungku nusantara.

Sekedar diketahui, artis penyanyi solo papan atas Tanah Air Bebi Romeo juga akan turut memeriahkan Banjarbaru Murdjani Festival melalui Special Performance Artist pada tanggal 9 Desember malam. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email