Connect with us

Pendidikan

Libur Sekolah, Naufal dan Adik-adiknya Bermain ke Kantor Kanalkalimantan

Diterbitkan

pada

Ummu Safira membawa Naufal (14), Safira (15), Rizky (11), dan Azzam (14) mengunjungi kantor media online Kanalkalimantan.com, Selasa (19/12/2023), belajar bagaimana cara membuat dan proses suatu berita. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Musim libur sekolah anak-anak sudah berlangsung pekan ini. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengisi masa liburan anak-anak.

Selain berkunjung ke tempat wisata, ternyata Muhammad Naufal (14) santri asal Pondok Pesantren Intan Ilmu Kabupaten Barito Kuala mempunyai cara sederhana mengisi waktu liburnya dengan belajar menulis berita.

Anak asal Kota Banjarbaru itu mengajak dua saudaranya dan satu teman santri lain berkunjung ke kantor pemberitaan media online Kanalkalimantan.com, Selasa (19/12/2023) siang.

Bersama dengan ibundanya Ummu Safira, lima anak Naufal (14), Safira (15), Rizky (11), dan Azzam (14) mengaku ingin belajar mengenai bagaimana cara membuat suatu berita.

Baca juga: Cabai Rawit Mahal, Saos Pentol Ipah Tak Lagi Sepedas Dulu

“Sekalian jalan-jalan untuk mengisi waktu libur kita ingin belajar melihat proses pembuatan berita,” ujar Muhammad Naufal.

Mereka pun disambut oleh wartawan dan redaktur Kanalkalimantan.com.

Kemudian mereka diajarkan terkait hal dasar dalam penulisan seperti 5W + 1H. Dengan seksama, Naufal dan Azzam mencatat segala hal yang diajarkan.

Tak hanya penulisan 5W + 1H juga yang diajarkan, namun juga teknik penulisan piramida terbalik. Kemudian bagaimana meletakkan kalimat lead, tubuh berita hingga kalimat penutup berita yang benar.

Baca juga: PMI Banjar Sabet Terbaik Pertama TKR II se Kalsel

Di samping itu juga, redaktur hingga wartawan turut memberikan ide-ide penulisan yang bisa digarap anak-anak sendiri saat ada waktu luang di rumah maupun di pondok pesatrennya.

Sebagai orangtua, Ummu Safira mengatakan ingin anak-anaknya dapat memanfaatkan waktu libur dengan baik, tidak hanya berwisata ataupun bermain gadget saja.

“Terlebih anakku juga nanti akan ikut kegiatan penulisan di media pondoknya, pun dengan bermain gadget juga dibatasi harus sehari 3 jam saja jadi dengan berkunjung ke kantor Kanalkalimantan.com kita ingin belajar untuk menghasilkan sesuatu yang lain,” ungkap ibunda Naufal.

Di sisi lain juga, kata dia, mereka dapat belajar terkait apa itu media siber hingga apa saja berita-berita yang bisa dimuat di dalam platfrom media online itu.

Baca juga: PAC Ansor Martapura Kota Menggelar PKD dan Diklatsar

Bahkan dia mengaku bahwa tidak mudah untuk membuat suatu berita tayang dibaca oleh khalayak umum.

“Di sisi lain kita juga belajar tentang apa itu media khususnya Kanalkalimantan.com, mulai dari menulis mengedit sampai diupload ternyata tidak segampang itu membuat suatu berita,” imbuh dia.

Meski begitu dia merasa senang melihat anak-anaknya antusias dalam belajar di sela-sela waktu liburan ini.

Dirinya pun berharap segala ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi anak-anaknya kelak di sekolah, di pesantren maupun di tempat kerja merek nanti. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie

 

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email