Connect with us

Kabupaten Banjar

BPBD Banjar Gelar Apel Siaga Bencana

Diterbitkan

pada

BPBD Kabupaten Banjar menggelar apel siaga banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB) di halaman kantor BPBD Kabupaten Banjar, Kamis (30/11/2023) pagi. Foto: nh

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar apel siaga banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB) di halaman kantor BPBD Kabupaten Banjar, Kamis (30/11/2023) pagi.

Apel diikuti personel TNI, Polri, Satpol PP, Dishub Kabupaten Banjar, Dinas P3AP2KB, PMI Kabupaten Banjar, EBR dan RAPI.

Berdasar prediksi BMKG untuk wilayah Kabupaten Banjar musim hujan mengalami puncak pada Januari 2024. Dan pada periode peralihan musim harus diwaspadai cuaca ekstrim, seperti hujan lebat, angin kencang, dan angin puting beliung.

Baca juga: Kutuk Penindasan ke Palestina, MUI Kalsel Imbau Masyarakat Tak Beli Produk Pro Israel

Bencana banjir yang akan mengancam wilayah Kabupaten Banjar berdampak kurang baik terhadap kehidupan dan penghidupan masyarakat Kabupaten Banjar.

Terganggunya aktivitas lalu lintas darat, karena itu kesiapan kita semua dalam menghadapai bencana ini sangat kita perlukan bagaimana cara langkah-langkah antisipatif dalam rangka kegiatan pra bencana baik itu mitigasi maupun kesiapsiagaan.

“Salah satu bentuk kegiatan kita bersama yaitu melaksanakan apel siaga siaga banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB). Ini bentuk tanggung jawab dan kesiapsiagaan kita semua yang harus dilakukan untuk mengurangi kerentanan dalam menghadapi bencana,” ujar H Masruri, Asisten Pemerintahan dan Kesra mewakili Bupati Banjar.

Baca juga: Saksi Sidang Sebut Mantan Kadistan Balangan Sengaja Pecah Anggaran

“Kita melaksanakan apel kesiapsiagaan kebencanaan dalam rangka antisipasi siaga banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang (ROB) karena itu semua pihak yang terkait hari ini kita apel bersama. Jadi kesiapsiagaan kita bersama untuk menghadapi dalam antisipasi bencana ini bisa kita bersatu padu untuk mengatasi persoalan terkait dengan bencana ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Banjar, Warsita mengatakan, untuk wilayah yang rawan bencana banjir diantaranya Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron, Sungai Tabuk, Astambul, Mataraman, Martapura Kota, Martapura Barat, dan Kecamatan Martapura Timur.

Sedangkan untuk gelombang pasang (ROB) sendiri lebih rawan pada wilayah Kecamatan Aluhaluh, dan Kecamatan Beruntung Baru.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin Ingatkan 9 Rambu-rambu Netralitas Polri di Pemilu 2024

Kesiapsiagaan peralatan seperti perahu karet , perahu lipat bahan viber , dan perahu kayak sudah disiapkan untuk operasional.

“Berdasarkan hasil rakor kemarin, dari BMKG prakiraan cuaca khususnya curah hujan yang turun normal dan untuk puncak musim hujan diperkirakan Desember 2023 hingga Januari 2024 nantinya,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/nh)

Reporter : nh
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email