Banyak Perusahaan Pakai Jasa Klining Servis Tidak Bersertifikasi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Bisnis

Banyak Perusahaan Pakai Jasa Klining Servis Tidak Bersertifikasi

Diterbitkan

pada

Ketua APKLINDO Kalsel H Deddy Subiantoro Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Ketua Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) Kalsel Deddy Subiantoro mengakui masih banyak perusahaan di Banua yang memperkerjakan pekerja klining servis tidak bersertifikasi.

Bahkan sebut Deddy, jika dipersentasikan 90 persen lebih perusahaan di Kalsel mempekerjakan pekerja klining servis tidak bersertifikasi. Hanya kurang dari 10 persen saja perusahaan yang sudah mempekerjakan pekerja klining servis bersertifikasi.

“Karena itulah melihat kenyataan ini, kita terus mengupayakan sosialisasi yang intensif kepada seluruh perusahaan di Kalsel untuk memakai pekerja klining servis bersertifikasi. Hal ini penting agar kualitas pekerjaan klining servis yang dilakukan lebih terjamin,” ungkapnya, Kamis (11/10).

Memang menurut Deddy, agar persentase perusahaan yang memakai pekerja klining servis bersertifikasi bisa ditingkatkan, hendaknya bisa didukung dengan Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur penggunaan pekerja klining servis bersertifikasi.

Namun kenyataannya, dua peraturan tersebut masih belum ada. Kalau pun ada, hanya sebatas anjuran yang tidak mempunyai hukuman apa pun jika tidak melakukannya.

“Karena itulah kita saat ini akan coba mengusulkan lahirnya Perda yang bisa mewajibkan perusahaan untuk menggunakan pekerja klining servis bersertifikasi. Kita sudah sampaikan ini kepada Pemprov Kalsel, ada pun responnya sendiri sangatlah positif,” tegasnya.

Bagi Deddy, dalam menghadapi persaingan global yang kian kompetitif sekarang, harusnya perusahaan jasa klining servis di Banua bisa mendorong lebih banyak Sumber Daya Manusia (SDM) mereka lebih berkualitas dengan cara sertifikasi.

“Kini sudah banyak sekali perusahaan jasa klining servis luar yang masuk ke Kalsel. Kalau tidak ditingkatkan kualitas jasanya melalui sertifikasi, maka bukan tidak mungkin kedepannya kita akan kalah bersaing dengan kompetitor luar,” pungkasnya. (arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan