Connect with us

HEADLINE

Mess L Sepi Tak Berpenghuni, Kekinian Kembali Jadi Bangunan Unfaedah

Diterbitkan

pada

Mess L aset Pemko Banjarbaru yang saat ini tidak berfungsi maksimal. Foto : Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Mess L Banjarbaru kembali jadi tanya besar warga kota Idaman. Dibangun menghabiskan anggaran tak sedikit, Mess L yang sempat bergeliat dengan kegiatan dan aktivitas, kekinian kembali sepi tak berpenghuni. Bahkan disebut kembali menjadi rumah hantu, seperti sebelum diperbaiki Pemko Banjarbaru.

Dulu Mess L Banjarbaru digadang menjadi harapan agar kesenian dapat bertumbuh di kawasan tersebut. Namun, berselang waktu hampir tidak terlihat kegiatan kesenian dan aktivitas lain yang berlangsung di sana.

Kondisi kiwari Mess L Banjarbaru itu diungkap Rudi Rahmana, Ketua Lembaga Pemberdayan Masyarakat (LPM) Kecamatan Banjarbaru Utara. Ia sangat menyayangkan tempat yang setelah sekian tahun tidak berubah kini terbengkalai kembali.

“Mess L sempat berubah dan semakin bagus. Namun yang dulunya diharapkan pertumbuhan dari kegiatan seni dan budaya, sekarang tampaknya sudah tidak ada,” ungkapnya.



 

 

Baca juga: Tahun Depan Home Care Dimulai, Layanan Kesehatan Langsung ke Rumah Warga Banjarbaru 

Dilanjutkan Rudi, dirinya beberapa kali melihat ada komunitas pelatihan menari dan lainnya. Namun, tidak terlihat secara signifikan pertumbuhannya.

“Kita menyarankan untuk merubah Mess L itu menjadi yang dulunya sebagai tempat pertumbuhan seni, sekarang kita rubah entah itu wisata kuliner atau yang bisa kita kembangkan,” ujarnya

Diketahui kata Rudi, di Mess L itu banyak ruangan dan kamar yang kosong, sehingga bisa dimanfaatkan, seperti menjadikan salah satu ruang promosi produk kelurahan. Yang mana dulu sempat ada program dari Wali Kota terdahulu satu kelurahan satu produk tapi tidak jalan hingga sekarang.

Menanggapi keluhan warga ini, Wali Kota Banjarbaru mengakui bahwa dulunya tempat itu dicanangkan untuk dijadikan pusat kesenian di Kota Banjarbaru. Namun berselang berjalan waktu banyak Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ingin mendapatkan tempat di Mess L ini.

Baca juga: Dialog Warga-Pemko Banjarbaru, Beasiswa ke Luar Negeri hingga Mitigasi Bencana

“Banyak OKP yang ingin yang mendapat tempat di sana dan tidak sedikit yang menginginkannya,” ungkapnya.

Dilanjutkan Aditya, jika tempat itu diberikan ke salah satu OKP, maka OKP lain juga menginginkannya sedangkan tempat di Mess L itu sangatlah terbatas. Sehingga, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru mencanangkan untuk Mess L ini dijadikan tempat pemberdayaan UMKM Banjarbaru

“Ulun sependapat dengan pak Rudi, Mess L ini dijadikan tempat untuk memberdayan UMKM dan Insyaallah ditahun 2022 ini akan dilaksanakan, jadi kita akan seleksi UMKM beserta produknya yang ada di Kota Banjarbaru,” ungkapnya.

Lebih jauh, kata Aditya dari hasil kurasi dan verifikasi nantinya produk yang layak jual, mempunyai mutu serta kualitas akan diberikan tempat di Mess L.

Baca juga: Gelombang di Perairan Selatan Kalteng 0,5 Hingga 3 Meter, BPBD Kapuas: Waspada Banjir Rob!

“Karena Mess L ini milik bersama kami tidak bisa memberikan ke Kelurahan Komet saja, tetapi seluruh masyarakat Kota Banjarbaru dan sudah dianggarkan serta akan dijalankan di tahun 2022 sebagai pusat UMKM di Kota Banjarbaru,” tandasnya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->