Connect with us

HEADLINE

Tapung Tawar Bakal Mengaspal, 10 Bus Trans Banjar Bakula Siap Layani Koridor 1

Diterbitkan

pada

Tapung tawar armada bus bantuan Kemenhub RI yang siap mengaspal dalam layanan Bus Trans Banjar Bakula, Jum'at (17/12/2021). Foto : Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru melakukan prosesi tapung tawar armada Bus Trans Banjar Bakula segera mengaspal di jalanan Kota Idaman.

Empat koridor alias empat jalur Bus Trans Banjar Bakula akan tersambung atau terkoneksi melayani masyarakat di lima kota kabupaten yang akan dilintasi.

Bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI yang masuk dalam aglomerasi Banjar Bakula sudah tiba di Kota Banjarbaru sebanyak 5 unit dari 10 unit yang akan diberikan kepada Pemko Banjarbaru.



 

 

Baca juga: Tampilkan Produk Unggulan 20 Kelurahan di Banjarbaru Murdjani Festival 2021

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengatakan, bus bantuan dari Kemenhub RI ini masuk dalam aglomerasi Banjar Bakula (Banjarmasin-Banjarbaru-Banjar-Barito Kuala-Tanah Laut) untuk beroperasi dalam koridor 1 atau rute dalam Bus Trans Banjar Bakula.

“Jadi pusatnya di Banjarbaru, kontrol sistem ada di Banjarbaru, sehingga yang operasional untuk Trans Banjar Bakula yaitu Banjarbaru bekerjasama dengan Kemenhub,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie mengatakan, dua buah bus yang ditapung tawari di sela pembukaan Banjarbaru Murdjani Festival 2021 ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Kota Banjarbaru.

“Dua buah bus itu hanya untuk memperkenalkan kepada masyarakat, bahwa ini lah bus yang akan beroperasi di Trans Banjar Bakula,” ungkapnya.

Ditambahkan Yani Makkie, layanan rute di Kota Banjarbaru masuk dalam koridor 1 yakni dari bundaran simpang empat ke Terminal Tipe A Jalan A Yani Km 17 berdasarkan dari hasil rapat bersama Kemenhub. Dan rencananya operasional Bus Trans Banjar Bakula akan langsung dilaunching oleh Menhub RI.

Baca juga: Omicron Mengancam, Vaksinasi di Kalsel Belum Capai Target 70 Persen!

“Dari hasil rapat zoom kemarin, launching Insyaallah Pak Menteri di Km 17, namun jika Pak Menteri berhalangan karena Nataru maka akan diwakilkan oleh Dirjen,” ungkapnya.

Mengenai bus yang sudah datang di Kota Banjarbaru, sekarang baru 5 armada yang tiba, dan dalam perjalanan 10 armada bus dari 75 bus dari empat koridor Bus Trans Banjar Bakula.

Empat koridor tersebut disebut Kadishub Yani Makkie yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut dan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.

“Bus ini untuk transportasi umum yang murah, aman dan nyaman,” jelasnya.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin 2005-2010 Meninggal Dunia, Dimakamkan di Banua Anyar

Lebih jauh terkait pencanangan pengajuan penggratisan ongkos naik bus, kata Yani Makkie, masih dalam tahap pengusulan kepada Kemenhub RI.

“Masih kita usulkan, nanti kita akan informasikan ke publik,” terangnya.

Dikatakan Kadishub Banjarbaru, bus ini sudah tersedia 100 orang yang menjadi operator bus yang akan beroperasi di Banjarbaru atau Bus Trans Banjar Bakula.

“Sudah ada 100 orang baik dari masyarakat sendiri yang dilatih oleh Kementerian dari pelatihan sopir dan pelatihan lainnya,” ungkapnya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->