Connect with us

Pendidikan

Mahasiswa Prodi Gizi Belajar Penyelesaian Sengketa Medis di RSD Idaman

Diterbitkan

pada

Mahasiswa Diploma III Prodi Gizi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin kuliah lapangan di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru, Kamis (2/5/2024) siang. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 49 mahasiswa Diploma III Program Studi Gizi Poltekkes Kemenkes Banjarmasin melaksanakan kuliah lapangan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru, Kamis (2/5/2024) siang.

Mahasiswa semester empat ini hadir belajar terkait perlindungan tenaga kesehatan dan penyelesaian sengketa medis di rumah sakit, dengan didampingi dosen pengampu mata kuliah Hukum Kesehatan Program Studi (Prodi) Gizi Kemenkes Banjarmasin, Masrudi Muchtar SH MH.

Masrudi Muchtar SH MH mengatakan, kuliah lapangan dilakukan untuk membantu memberikan pemahaman empiris kepada mahasiswa tentang bagaimana perlindungan tenaga kesehatan di Rumah Sakit dan penyelesaian sengketa medis di Rumah Sakit.

“Ini menjadi penting bagi mahasiswa karena mereka nantinya akan menjadi tenaga kesehatan yang memiliki kewajiban memberikan pelayanan lesehatan kepada masyarakat,” ujar dosen pengampu mata kuliah Hukum Kesehatan Program Studi Gizi Kemenkes Banjarmain.

Baca juga: Mahasiswa Minta Perbaikan Gaji Guru Honorer di Kalsel

Menurut Masrudi Muchtar, pelayanan kesehatan tidak selalu memberikan hasil seperti yang diharapkan pasien. Pasien dapat merasa tidak puas atau tidak menerima proses maupun hasil pelayanan kesehatan yang diperolehnya.

“Pasien memandang penyebab ketidakpuasan ini merupakan kesalahan atau kelalaian tenaga kesehatan,” jelas dia.

“Inilah pemicu munculnya sengketa medis, dan mahasiswa yang nantinya akan menjadi tenaga kesehatan sangat perlu diberikan pengetahuan empiris tentang bagaimana penyelesaian sengketa medis dan perlindungan yang diberikan terhadap tenaga kesehatan di rumah sakit,” sambungnya.

Baca juga: Kuliner Gratis dan Panjat Pinang Warnai Hari Jadi ke-72 Kabupaten HSU

Sementara itu kegiatan kuliah lapangan diterima oleh Kasi Sarana dan Prasarana Medik RSD Idaman Banjarbaru, Harun Arrasyid SKep MH Kes.

Harun menyambut baik kegiatan kuliah lapangan ini dan sekaligus menjadi nara sumber dengan menyampaikan materi tentang aspek hukum pelayanan kesehatan di rumah sakit. Setelah penyampaian materi selesai dilaksanakan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan mahasiswa.

Baca juga: Pertahankan Gelar, Kabupaten Banjar Juara Umum di MTQ XXXV Kalsel

Para mahasiswa cukup aktif sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan yang dikeluarkan oleh para mahasiswa seputar perlindungan tenaga kesehatan, malpraktek medis, dan penyelesaian sengketa medis di rumah sakit.

Seluruh pertanyaan dari para penanya dijawab dengan baik oleh narasumber sehingga dapat menjawab rasa penasaran dari para mahasiswa. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->