Connect with us

Sport

Start di Pawon Tlogo, Peserta Kejurnas Time Rally 2019 Cek Poin di Mess L Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan melepas peserta Kejurnas Time Rally etape 2 di Mess L Banjarbaru. Foto : bie

BANJARBARU, Kalimantan Selatan kembali dipercaya menjadi tuan rumah event otomotif nasional bertajuk Kejurnas Time Rally Wisata Merah Putih 2019.

Mengambil start di rumah makan (RM) Pawon Tlogo, Km 4 jalan Trans Kalimantan, Barito Kuala, seri perdana dari total lima seri ini berlangsung Sabtu (3/8).

Start etape pertama trayek 1 pukul 06.30 Wita di RM Pawon Tlogo menuju Banjarbaru, finish di Mess L Banjarbaru. Kemudian dari Mess L Banjarbaru, pereli mengikuti trayek kedua menuju Kiram Park di Karang Intan, Kabupaten Banjar dan kembali di RM Pawon Tlogo, Kabupaten Barito Kuala.

Sementara start etape kedua trayek 3 khusus kelas nasional dilakukan pukul 18.00 Wita. Diharapkan semua peserta finish di tempat yang sama pukul 21.00 Wita.

Menempuh jarak sekitar 180 kilometer, etape pertama trayek 1 melintasi jalan Trans Kalimantan, jalan Gubernur Syarkawi, jalan Ahmad Yani, jalan Trikora, jalan Palam, Cempaka, Kiram Park, jalan Pangeran Muhammad Noor dan Mess L Banjarbaru.

Selanjutnya etape pertama trayek 2 dimulai dari Mess LL Banjarbaru melewati jalan Martapura Lama, jalan Gubernur Syarkawi dan kembali ke jalan Trans Kalimantan.

Kembali dimulai dari Pawon Tlogo, etape kedua trayek 3 sepenuhnya berputar-putar di Banjarmasin.

“Kami bangga kembali dipercaya menjadi tuan rumah, setelah edisi 2017 dan 2018. Bahkan sekarang kami diberi kesempatan sebagai penyelenggara seri pertama,” ungkap Ketua IMI Kalsel Ir Edy Sudarmadi, saat menyambut peserta Kejurnas Time Rally Seri 1 Kalsel di Mess L Banjarbaru.

Tidak hanya penyelenggara seri pertama, Kalsel juga menjadi tempat praktik sejumlah perubahan regulasi Kejurnas Time Rally.

Di antaranya mewajibkan dua etape, menekankan soal, serta penyederhanaan hukuman untuk menambah persaingan senior dan junior. Sementara kategori lomba tidak berubah, memperebutkan juara nasional umum, seeded B, team dan wanita. Juga ada kategori pemula untuk peserta lokal Kalsel.

“Konsep penyelenggaraan tetap menekankan pada kompetisi ketepatan waktu tempuh dan wisata, serta kampanye keselamatan berkendaraan,” beber Edy.

Dengan ajang ini, IMI Kalsel ingin membantu pemerintah untuk mengenalkan dan mengeksplor wisata di Banua. “Sehingga peserta dari luar tahu wisata andalan,”  kita ujar Edy.

Edy menambahkan pihaknya sudah memilih cek poin bagi peserta di daerah wisata andalan seperti di Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Banjarbaru.

“Untuk objek wisata besar yang kita kenalkan sepeti Jembatan Barito, Danau Seran, Kiram Park dan rumah adat Banjar yang ada di Kabupaten Banjar,” pungkas pria yang hobi offroad roda empat dan roda dua ini.

Kejurnas Time Rally Seri 1 Kalsel 2019 diikuti 73 peserta yang diantaranya para pereli nasional seperti Surya Putra, Gery, Dr Satria Budi dan lainnya.

Edy menambahkan Time Rally ini akan digelar 5 putaran, selanjutnya usai perhelatan di Kalsel ini yakni Lombok NTB, DI Yogyakarta, Sukabumi, Jabar dan Kendari, Sulawesi Tenggara. (bie)

Reporter:bie
Editor:kk

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->