Connect with us

Kota Banjarbaru

APILL Terpasang di Samsat Banjarbaru, Dua Jalan Jadi Perempatan


DPUPR Banjarbaru akan Bongkar Median Sepanjang 35 Meter


Diterbitkan

pada

APILL sudah terpasang di ruas Jalan Pangeran Suriansyah, samping kantor Samsat Banjarbaru, Kamis (23/5/2024) siang. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemasangan Area Traffic Control System (ATCS) di kawasan dekat kantor Samsat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai dikerjakan.

Pantauan Kanalkalimantan.com, Kamis (23/5/2024) siang, nampak seluruh ruas persimpangan jalan mulai dipasang tiang dan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas alias APILL.

APILL sudah dipasang pada ruas Jalan Pangeran Suriansyah sebelah kiri atau tepatnya di samping kantor Samsat Banjarbaru.

Dua APILL lain juga sudah dipasang pada ruas Jalan Panglima Batur, serta di ruas Jalan Pangeran Suriansyah menuju arah ke SMAN 2 Banjarbaru, Kelurahan Mentaos.

Baca juga: Chaos Banjarmasin di Atas Kanvas, Tragedi Kelam Jumat Kelabu 23 Mei 1997

Median Jalan Panglima Batur yang akan dibongkar DPUPR Banjarbaru. Foto: wanda

Menyusul pemasangan ATCS itu, pembongkaran median jalan akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umm Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru. Median atau pembatas jalan beraada di Jalan Panglima Batur.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPUPR Banjarbaru, Adi Maulana mengatakan, median di ruas Jalan Panglima Batur atau akan dibongkar sehingga kedua jalan ini menjadi perempatan.

“Setelah dilakukan kajian untuk simpang Samsat dan menurut hasil Detail Engineering Design (DED) diharuskan adanya pendetailan, salah satunya ialah pembongkaran median,” ujar Kabid Bina Marga DPUPR Banjarbaru, Adi Maulana pada Rabu (22/5/2024) kemarin.

Baca juga: Perpisahan Siswa SMAN 1 Kapuas, Erlin Hardi : Belajar, Belajar, dan Belajar!

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Banjarbaru, Adi Maulana. Foto: Adi Maulana

Dalam pembongkaran median jalan itu, DPUPR akan melakukan penataan geometrik medianya.

“Atau istilah kami penataan geometriknya meliputi pembongkaran median, ada beberapa penataan pada sisi-sisi sampingnya, bukaan atau R-nya,” jelas dia.

Adi menambahkan, median jalan Panglima Batur rencananya akan dibongkar sepanjang 35 meter.

“Kurang lebih lebih mediannya yang akan kami bongkar sepanjang 35 meter,” sebutnya.

Baca juga: Wabup Banjar Hadiri Haul Ke-68 KH Zainal Ilmi

Selain DPUPR yang melakukan penataan simpang geometrik, sejumlah SKPD lain turut berkolaborasi dalam pembangunan ATCS ini.

Seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru, dijelaskan Adi selain selain memasang APILL mereka juga akan membangun marka-marka jalan.

“Saat ini kolaborasi tiga SKPD, Dishub yang memasang APILL dan juga pengerjaan marka seperti zebra cross dan lainnya,” tandas Adi Maulana.

Baca juga: LITERASI EMOSIONAL DI MEDIA SOSIAL: MENGELOLA EMOSI DAN INTERAKSI ONLINE

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Banjarbaru juga turut andil dalam hal menata pemindahan tanaman-tanaman yang ada di kawasan tersebut. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->