Connect with us

Kabupaten Banjar

301 Peserta Ikuti Lomba Ikan Hias Cupang di Kabupaten Banjar

Diterbitkan

pada

Lomba ikan hias cupang yang digelar di Kabupaten Banjar Foto: rendy

MARTAPURA, Sebanyak 301 peserta lomba ikan hias cupang (Betta sf) ikut meriahkan Peringatan Hari Ikan Nasional ke-5 yang diadakan oleh dinas Perikanan Kabupaten Banjar di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, Minggu (25/11).

Ketua penyelenggara loba ikan hias cupang Imelda Rosanti mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan hari ikan nasioanl ke-5. Adapun dalam kegiatan perdana lomba ikan cupang yang digelar di Kabupaten Banjar ini diperlombakan 23 kelas dengan jumlah 301 peserta.   “Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berdatangna dari kalsel saja namun ada juga yang mengirimkan ikannya langsung dari pulau jawa,” katanya.

Melalui kegiatan ini, Imelda mengharapkan bisa menjadi salahsatu mediasi dan komunikasi antara pemerintah Kabupten Banjar dan komunitas pecinta sampai pelaku usaha ikan hias yang ada di Kabupaten Banjar sediri.

Masih ditempat yang sama Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Banjar Dondit Bekti mengatakan ikan cupang merupakan ikan yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dan cukup menjanjikan untuk dipelihara maupun dikembang biakkan. “Ikan ini sangat menarik dan cantik beraneka warnanya yang indah dan dapat dikonteskan, sehingga mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi,” akunya.

Ditambahkan Dondit dalam perlombaan yang digelar selama satu hari ini akan memperebutkan piala umum Bupati Banjar, disamping itu juga ada piala best of the best dan piala out show.

Sementara itu Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengatakan lomba ikan hias ini menjadi salah satu media untuk memotivasi komunitas pelaku usaha ikan hias dalam mengembangkan dan mempromosikan usahanya, serta mengajak masyarakat luas untuk mencintai dan menekuniusaha pemeliharaan ikan hias.

“Saya berharap melalui gelaran lomba ikan hias ini akan terjalin komunikasi sinergis antara pelaku usaha ikan hias dengan pemerintah daerah dan mitra usaha untuk mengembangkan usaha agribisnis di Kabupaten Banjar,” harap Khalilurrahman. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Cell

Bagikan berita ini!