Connect with us

Kota Banjarbaru

Urban Farming di Banjarbaru Manfaatkan Pekarangan Tanam Sayur dan Buah

Diterbitkan

pada

DKP3 Kota Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mendukung Urban Farming pemanfaatan perkarangan di Kelurahan Cempaka, Rabu (10/7/2024). Foto: medcenbjb

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) mendukung Urban Farming pemanfaatan perkarangan.

Pemanfaatkan pekarangan sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi makanan sehat dengan konsep Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bagi keluarga.

Bimtek yang digelar DKP3 Banjarbaru berlangsung di aula kantor Kelurahan Cempaka, Rabu (10/7/2024) siang.

Baca juga: PWI Pusat Gelar SJI di Kalsel

Bimtek diikuti peserta dari Kelompok Wanita Tani, Karang Taruna, UMKM, anggota PKK dan masyarakat Kelurahan Cempaka. Bertujuan untuk penguatan mengenai Urban Farming, memotivasi kembali agar memanfaatkan pekarangan halaman rumah budidaya tanaman sayur dan buah. Sehingga dapat menghasilkan bahan pangan segar dan sehat bagi keluarga.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam upaya mendukung program peningkatan kuallitas keluarga.

“Jadi kita bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banjarbaru mewujudkan pemanfaatan perkarangan rumah, sekaligus meningkatkan makanan sehat bagi keluarga,” ucapnya.

Baca juga: Komitmen Bappedalitbang Banjar Jauhi dan Perangi Narkoba

Urban Farming merupakan solusi praktis untuk meningkatkan pangan perkotaan, tidak hanya bermanfaat segi ekonomi, tapi berdampak positif pada kesehatan keluarga dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen DKP3 Kota Banjarbaru untuk menciptakan lingkungan yang sehat, mandiri dan berkelanjutan. Dengan mendorong masyarakat untuk terlibat dalam Urban Farming.

Baca juga: Pemilihan Duta GenRe 2024, Ini Kata Kepala DPPKB HSU 

Diharapakan akan tercipta ketahanan pangan lokal yang kuat serta peningkatan kualitas hidup masyarakat Kota Banjarbaru.(Kanalkalimantan.com/bie)

Reporter: bie
Editor: kk


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->