Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pemilihan Duta GenRe 2024, Ini Kata Kepala DPPKB HSU 

Diterbitkan

pada

Pembukaan kegiatan karantina tertutup peserta pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2024, di aula DPPKB HSU, Rabu (10/7/2024). Foto: diskominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) secara resmi membuka kegiatan karantina tertutup peserta pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2024, di aula DPPKB HSU, Rabu(10/7/2024).

Kepala DPPKB HSU, Lily Inderiani menekankan begitu pentingnya peran Duta GenRe di masyarakat dalam mendukung program pemerintah dalam hal pengendalian penduduk.

Dikatakannya, Duta GenRe diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi masyarakat tentang arti penting dan perlunya perencanaan yang matang dalam menuju kehidupan berumah tangga.

Baca juga: Kejari Banjarbaru Ungkap Sindikat Korupsi Kredit Macet Kupedes BRI

Bahkan Duta Genre dapat menjadi contoh atau pelopor dalam menuju kehidupan berumah tangga tersebut sebagai generasi yang sehat yang terhindar dari pernikahan dini, napza, dan seks bebas.

“Persentasikan diri kalian di masyarakat sebagai generasi berencana yang sehat, mampu menjadi penghubung antara generasi muda dengan pemerintah, institusi terkait, sehingga menjadi idola dan sumber informasi bagi masyarakat mewujudkan keluarga sejahtera,” katanya saat membuka kegiatan.

Sementara Sarmila, koordinator divisi acara pemilihan Duta GenRe mengatakan, gelaran pemilihan Duta GenRe 2024 sangat berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumya baik dari peserta, teknis, dan sistem pelaksanaannya.

Baca juga: Progres Coklit Pilkada Kalsel 74 Persen, Ini Kendala Pantarlih di Lapangan

Menurut Sarmila, salah satu perbedaan adalah sistem pelaksanaanya dimana panitia kabupaten tidak lagi melaksanakan seleksi. Baik seleksi awal melalui administrasi atau seleksi berbagai tes, sehingga dalam pelaksanaan nanti tidak ada tahapan penyisihan. Puncak kegiatan nanti peserta akan mendapatkan penghargaan sesuai kriteria masing-masing.

“Peserta kegiatan ini berjumlah 10 laki-laki dan 10 perempuan, merupakan peserta juara pada kegiatan yang sama di tingkat kecamatan, sehingga di tingkat kabupaten tidak dilaksanakan seleksi lagi,” ungkapnya.

Mulai tahun 2024 setiap kecamatan di HSU menggelar kegiatan yang sama kecuali Kecamatan Paminggir. Sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan dari kecamatan di Kabupaten HSU.

Baca juga: Usulkan Penambahan Satu Raperda, Aset Pemko Banjarbaru Belum Tercatat di PTAM Intan Banjar

Pada karantina Duta GenRe, juga dilaksanakan kegiatan jambore ajang kreativitas, menampilkan ajang pentas seni dan budaya yang peserta berasal dar PIK Genre dan umum yang waktu dan tempatnya bersamaan. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->