Connect with us

Kabupaten Kapuas

Pencegahan Stunting di Kecamatan Bataguh, Nutrisi dan Pola Asuh Salah Bisa Jadi Penyebab

Diterbitkan

pada

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat melakukan sosialisasi pencegahan stunting bagi kader-kader PKK , Kamis (2/6/2022). Foto: ags

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat melakukan sosialisasi pencegahan stunting bagi kader-kader PKK , Kamis (2/6/2022).

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat memaparkan tentang apa yang dimaksud dengan stunting. “Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak karena perkembangannya tidak sesuai dengan umurnya, baik perkembangan fisik dan motorik,” bebernya.

Seribu hari pertama kehidupan adalah masa yang penting, sejak dari janin hingga usia 24 bulan. “Kenapa? karena, secara medis kalau sudah lebih dari 2 tahun akan sulit untuk diperbaiki kondisinya. Apabila anak terdeteksi stunting, segeralah diberikan perawatan,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tri Setya Utami mengatakan, ada banyak faktor penyebab stunting, bisa saja dari kurangnya gizi saat ibu hamil, ataupun kurang gizi pada Balita tersebut, maupun akibat kurangnya pengetahuan mengenai stunting.



 

Baca juga  : Pererat Silaturahmi, Disperkim LH HSU Gelar Halalbihalal Bersama Pasukan Kuning dan Pegawai

Maka, perlu adanya sosialisasi dan edukasi bagaimana memberikan nutrisi yang tepat bagi anak-anaknya. Namun, pola asuh yang tidak tepat juga dapat menjadi salah satu penyebab stunting.

“Saya harapkan agar di sini terus diberikan sosialisasi dan edukasi pemberian nutrisi yang tepat untuk anak-anak, sebab stunting memiliki dampak negatif bagi anak-anak kita,” pungkas dr Tri.

Sementara itu, Camat Bataguh, Suriadin SH mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat dan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni Ben Bahat hadir di Kecamatan Bataguh dalam rangka penyuluhan sosialisasi stunting dan Posyandu (Kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->