Connect with us

Kota Banjarmasin

Mengolah Sampah Organik Ala Komunitas Eco Enzym Nusantara

Diterbitkan

pada

Relawan pecinta lingkungan dari komunitas EEN (Eco Enzym Nusantara) hadir di Banjarmasin. Foto: seno

KANALKALIMANTAN.COM,BANJARMASIN – Sampah organik maupun non organik masih menjadi masalah bagi warga masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Penanganan sampah kerap kali berserakan di pinggir jalan dan kawasan permukiman padat penduduk.

Terbatasnya fasilitas TPS (Tempat Pembuangan Sampah) sering kali memicu tumpukan sampah liar di permukiman dan pinggir jalan umum.

Penanganan sampah juga perlu kesadaran warga masyarakat, sebagai contoh masih banyak warga masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat.



 

 

Baca juga: Ganti Rugi Proyek Jembatan HKSN, Warga-Pemko Banjarmasin Tempuh Jalan Mediasi 

Sampah organik bisa diolah sehingga bernilai ekonomis dan mengurangi sampah, atas alasan itulah relawan pecinta lingkungan dari komunitas EEN (Eco Enzym Nusantara) hadir di Banjarmasin.

Ketua Komunitas EEN Kalsel, Akbar Rahman kepada kanalkalimantan.com mengatakan, Eco Enzyme Nusantara awalnya dipelopori DR Rosukon Pompanvong dari Thailand yang bergerak dalam dunia pertanian organik dengan menggunakan metode yang ramah lingkungan dengan melakukan penelitian sejak tahun 1980-an.

“Dari komunitas ini ingin mengedukasi warga masyarakat untuk memanfaatkan sampah organik menjadi produk olahan yang bermanfaat, salah satunya cairan Eco Enzyme,” ucap Akbar Rahman.

Pria yang berprofesi dosen tersebut mengajak warga, terutama kalangan ibu rumah tangga dan para penjual buah mendaur ulang sampah organik agar menjadi barang yang bermanfaat.

Baca juga: Kembalinya Bang Jimmy dan Upaya Membangkitkan Lagi Seni Lukis di Kotabaru

Cairan Eco Enzyme dihasilkan dari proses fermentasi sampah organik bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung, seperti menjernihkan air, menyuburkan tanah dan anti bakteri kuman parasit.

Anggota Komunitas EEN kini sudah berjumlah lebih dari 200 orang, dengan adanya dibentuk kepengursan di Kalsel kami. Juga akan menggaet kerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dan Dinas Lingkungan Hidup agar Banjarmasin bisa menjadi kota yang bersih dan sehat. (kanalkalimantan.com/seno)

Reporter : seno
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->