Connect with us

Kota Banjarbaru

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

Diterbitkan

pada

Verifikasi lapangan untuk Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis tingkat nasional di Komplek Wengga IV. Selasa (14/5/2024). Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis masuk enam besar Lomba Kampung KB tingkat nasional.

Lomba ini merupakan ajang untuk menghargai dan mengapresiasi kampung-kampung yang telah berhasil menciptakan lingkungan masyarakat terutama keluarga yang harmonis dan berkualitas.

Kampung KB Kelurahan Guntung Manggis di Komplek Wengga IV berhasil bersaing dengan ribuan Kampung KB lain di Indonesia dan menerima kunjungan Tim Penilai Verifikasi dari pusat, Selasa (14/5/2024) pagi.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Selatan, Ramlan yang turut hadir mengapreasiasi pencapaian Kampung KB Kelurahan Guntung Manggis ini.

“Luar biasa, Wali Kota juga langsung support. Kampung KB ini yang utama lintas sektor, dari sel kegiatan yang ada mulai dari bina keluarga, bina balita, bina remaja hingga lansia, semua terintegrasi,” ujar Ramlan.

Baca juga: PUPR Kalsel Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Administrator SIPJAKI

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Selatan, Ramlan. Foto : wanda

Kampung KB awalnya merupakan kampung keluarga berencana. Namun, setelah keluar Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2022, nama Kampung KB berubah menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

Di situ, kata dia, seluruh lintas sektor berperan dalam menyukseskan program-program yang terselenggara di Kampung KB ini.

Bidang PUPR berperan sebagai penyokong infrastruktur wilayah, air bersih hingga sanitasi di Kampung KB.

Baca juga: Camat Mantangai Monitoring Posyandu di Desa Manusup

“Termasuk pertanian dan program RT juga penting. Apakah ada kegiatan yang mendukung pangan untuk kesejahteraan masyarakat,” sebut dia.

“Kemungkinan dari bocoran, Kampung KB Guntung Manggis dengan beberapa program unggulan yang diselenggarakan sesuai dengan penilaian tim juri bisa juara,” sambungnya.

Ramlan pun berharap, dengan capaian ini ke depan akan tumbuh kampung-kampung KB lain dari kabupaten dan kota di Kalsel.

“Tahun kemarin kita diwakili Tapin, dan tahun ini Banjarbaru. Semoga semakin banyak Kampung KB di Kalsel,” tuntasnya.

Baca juga: Penjual Tuak di Kelurahan Bangkal Ditangkap Polisi

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APMP2KB), Hj Rahma Khairita mengatakan saat ini Banjarbaru masih ada 11 Kampung KB yang berstatus standar.

“Setiap Kampung KB di 20 kelurahan di Banjarbaru masing-masing ada gradenya. Ada grade mandiri, berkelanjutan, dan Kampung KB Guntung Manggis paling tinggi gradenya,” jelas ibu Rita -biasa disapa-.
Begitu pun dengan dukungan, kata dia, diberikan penuh oleh seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, termasuk dari segi infrastruktur pihaknya senantiasa membantu pengembangan program unggulan ini.

“Karena sekarang Kampung Keluarga Berkualitas itu lebih luas, termasuk di dalamnya bina balita, bina lansia, bina remaja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” sambung dia.

Baca juga: Pungutan Acara Perpisahaan Siswa, Begini Respon Wali Kota Aditya

Oleh sebab itu katanya, capaian ini juga dapat mengimbas kepada kampung-kampung KB lain yang ada di 20 kelurahan di Kota Banjarbaru.

“Tentunya akan kita bina seluruhnya karena untuk masuk ke grade selanjutnya ada kualifikasinya, dari Guntung Manggis ini dapat mengimbaskan ke kelurahan lain, terutama di Kecamatan Landasan Ulin,” tuntas ibu Rita. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->