Irigasi Kembali Dibersihkan, Distribusi PDAM Intan Banjar Terganggu - Kanal Kalimantan
Connect with us

Layanan Publik

Irigasi Kembali Dibersihkan, Distribusi PDAM Intan Banjar Terganggu

Diterbitkan

pada

Pengeringan air di saluran irigasi Riam Kanan. Foto : net

MARTAPURA, Pembersihan saluran primer irigasi Riam Kanan bakal dikeringkan mulai 26 sampai 30 Oktober mendatang. Dipastikan pengeringan di saluran irigasi tersebut membuat pasokan air bersih PDAM Intan Banjar akan terganggu.

Kasubag Humas PDAM Intan Banjar Untung Hartaniansyah mengatakan, distribusi saluran air PDAM Intan Banjar memang akan kembali terganggu. Pihaknya menerima surat tertanggal 15 Oktober dari Dinas PUPR Provinsi Kalsel terkait jadwal pemeliharaan.

Rencana awal pengeringan pada 16 Oktober sampai 20 Oktober 2018. Tetapi karena pada saat yang bersamaan ada acara Hari Pangan Sedunia (HPS) dan supaya layanan terhadap pelanggan tidak terganggu, terutama layanan terhadap hotel dan penginapan yang menjadi tempat menginap para tamu dan undangan HPS, maka pekerjaan pembersihan diundur ke tanggal 26-30 Oktober.

“Pembersihan yang dilakukan di sepanjang saluran primer Riam Kanan dengan maksud untuk membersihkan tanaman air dan gulma yang menghambat aliran air di sepanjang saluran primer tersebut,” katanya.

Menurutnya, apabila tanaman air dan gulma sudah dibersihkan, maka aliran air akan kembali lancar. Dengan demikian diharapkan dapat menyuplai air ke lahan-lahan persawahan masyarakat.

Bagi pelanggan PDAM, diharapkan selama masa pembersihan agar melakukan penghematan dalam pemakaian air dan mengisi tandon cadangan air. Dikarenakan debit air di saluran primer akan ada pengurangan selama kegiatan pembersihan.

“Kalau akhir Oktober ini merupakan pembersihan rutin yang keempat dalam tahun ini. Biasanya kami melakukan pembersihan tergantung kondisi saluran primer, bila tanaman air dan gulmanya sudah mulai banyak, maka dilakukan pembersihan saluran,” ujarnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan