Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

Hari Kowal: Sejarah dan 12 Tokoh Angkatan Laut Perempuan Pertama di Indonesia

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Grafis: rideka/kanalkalimantan  

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) -sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Laut. Tahun 2023 menjadi peringatan HUT ke-60 Kowal.

Hari Kowal berdasarkan sejarah tonggak berdiriny bermula saat pengembangan Angkatan Laut RI pada awal tahun 1960-an. Kebutuhan prsonel perempuan dalam kedinasan Angkatan Laut sangat penting, maka kala itu dibentuklah Kowal.

Baca juga: Rawan Tumbang, Warga Gotong Royong Pangkas Pepohonan di Jalan Golf



 

 

Sejarah Hari Kowal

Ide pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Kowal surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

Pelantikan para anggota Kowal pertama tersebut dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Jadi Kowal.

 

Tokoh AL Perempuan di Indonesia

Gagasan Pimpinan TNI Angkatan Laut untuk membentuk Kowal diperkenalkan pula kepada tokoh-tokoh perempuan Indonesia. Ternyata sambutan tokoh-tokoh perempuan tersebut sangat positif dan merupakan dukungan moral yang berharga.

Para tokoh perempuan menyetujui sepenuhnya gagasan pembentukan “Tentara Wanita” dengan permintaan agar Korps Wanita Angkatan Laut bertugas di bidang yang bukan tempur.

Sebagai tindak lanjut dari gagasan tersebut dikirimlah beberapa perwira staf pendidikan ke Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat di Bandung pada bulan Juli 1961, guna mempelajari gagasan Angkatan Darat yang pada waktu itu sedang mempersiapkan pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat.

Baca juga: Bye-bye PPKM, Warga Banjarbaru Boleh Lepas Masker di Luar Ruangan

Setelah mempelajari, mempertimbangkan dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, Menteri/KSAL Laksamana Muda Laut R.E. Martadinata mengeluarkan Surat Keputusan No. 5401.24 tanggal 26 Juni 1962, tentang Pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal).

Dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut berarti membuka lembaran baru dalam sejarah TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut maju selangkah dalam memberikan hak dan kesempatan bagi kaum perempuan Indonesia untuk turut serta dalam mendarmabaktikan dirinya di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Hal ini merupakan kehormatan yang sangat tinggi bagi perempuan Indonesia. Berita tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut disebarluaskan ke seluruh pelosok tanah air khususnya ke Perguruan Tinggi dilengkapi dengan pengumuman penerimaan anggota Korps Wanita Angkatan Laut.

Dengan pengumuman tersebut teryata banyak perempuan yang berminat untuk menjadi anggota Korps Wanita Angkatan Laut, namun setelah diseleksi yang berhasil lulus sebanyak 12 orang.

Angkatan pertama ini dikenal sebagai Korps Wanita Angkatan Laut Inti dilantik menjadi anggota Kowal oleh Men/KSAL R.E. Martadinata di lapangan apel MBAL Jln. Gunung Sahari 67 Jakarta, pada tanggal 5 Januari 1963 sesuai Surat Keputusan Men/KSAL No. 1301.1 tanggal 4 Januari 1963 dengan TMT kepangkatan mulai 1 Desember 1962.

Baca juga: Hanya 44 Murid, SDN Teluk Dalam 10 Potensi Gabung ke SD Tetangga

 

Ke 12 orang Kowal tersebut adalah sebagai berikut:

Kapten dr Pinarti

Kapten dr Chrictina Logiani Semiartin

Kapten dr Siti Dahlia

Letnan Syamsiar SH

Letnan Suryati Rasdan SH

Letnan An Go Lian Lie SH

Letnan Dra Ide Rope Darina Tampubolon

Letnan Elly Hanifah SH

Letnan Dra Louise Elisabeth Coldenhoff

Letnan Dra Wayan Widja

Letnan Sri Wiyati SH.

Letnan Dra Suprapti

Dengan didorong oleh keyakinan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran sebagai pengabdian, keduabelas perwira Kowal mulai menjejakkan kakinya dalam sejarah TNI Angkatan Laut yang makin lama makin bertambah pesat. (Kanalkalimantan.com/kk)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->