Connect with us

Teknologi

Google Doodle Rayakan Hari Guru 2021 dengan Lebah Lucu

Diterbitkan

pada

Google doodle Hari Guru. Foto: Screenshot

KANALKALIMANTAN.COM – Perusahaan teknologi raksasa Google merayakan Hari Guru 2021 di Indonesia yang jatuh pada 25 November, dengan menampilkan doodle lucu dan menggemaskan berbentuk lebah di halaman awal pencarian.

Doodle tersebut memperlihatkan sekelompok lebah warna-warni dengan ukuran yang lebih kecil menghadap ke seekor lebar besar yang tengah memegang buku.

Ilustrasi tersebut menggambarkan lebah yang lebih besar sebagai guru, sementara yang lain adalah para siswa. Lebah-lebah itu terbang di atas bunga beraneka warna.

Terdapat doodle ulat berwarna hijau di atas salah satu bunga yang menggantikan huruf L dalam kata Google.



 

 

Baca juga: Hari Guru Nasional

Peringatan Hari Guru sendiri merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia.

Perjuangan guru sendiri dimulai sejak zaman Hindia Belanda.

Tak seperti pahlawan yang memegang senjata, para guru membentuk Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912 sebagai usaha untuk membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan.

Pada 1932, PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Baca juga: Sukseskan Revolusi Hijau, Santri Ponpes Rakha Amuntai Tanam Pohon di Lingkungan Pesantren

Perubahan nama ini mengejutkan Belanda karena penggunaan kata “Indonesia” dalam PGI dinilai mencerminkan semangat kebangsaan.

Sayangnya, ketika Jepang masuk ke Indonesia, segala bentuk organisasi dilarang, termasuk PGI, dan sekolah ditutup.

Setelah sempat terhenti akibat penjajahan Jepang dan Indonesia merdeka, PGI akhirnya menggelar kongres pertama pada 24-25 November 1946 di Surakarta, Jawa Tengah.

Salah satu hasil kongres adalah untuk menghapus organisasi atau kelompok guru yang masih berdasar pada perbedaan golongan, tamatan, lingkungan daerah, dan bahkan ras.

Hingga akhirnya 25 November disepakati sebagai tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca juga: Soal Kafe ‘Nakal’ di Trikora, Wali Kota: Izinnya Kafe Tapi Aktifitas Diskotik

Sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para guru, pemerintah pun menetapkannya sebagai Hari Guru Nasional dalam Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->