Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

Hari Guru Nasional

Diterbitkan

pada

Ilustrasi sejarah Hari Guru Nasional. Grafis: Rideka/Kanalkalimantan.com

KANALKALIMANTAN.COM – Sejarah Hari Guru Nasional diawali dengan pembentukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yaitu organisasi di Indonesia yang anggotanya berprofesi sebagai guru.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta.

Melalui kongres ini segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan.

Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan guru yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.



 

 

Baca juga: Tewas Dibacok, Jejak Jurkani Jadi Simbol Perjuangan Rakyat Kalsel Lawan Tambang Ilegal

Beberapa tokoh yang terkenal dalam pembentukan PGRI pada 25 November 1945 adalah Rh Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang.

Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 -seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan. (kanalkalimantan.com/wikipedia)

Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->