Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Sukseskan Revolusi Hijau, Santri Ponpes Rakha Amuntai Tanam Pohon di Lingkungan Pesantren

Diterbitkan

pada

Aksi menanam pohon yang dilakukan Santri Rakha Amuntai. Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah (Rakha) Amuntai ikut serta sukseskan program Revolusi Hijau dalam rangka Hari Penanaman Pohon Indonesia dengan menggelar aksi penanaman pohon di lingkungan pesantren, Rabu (24/11/2021). Kegiatan ini dilakukan bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan.

Aksi mengambil tema ‘Kalsel Menanam Bersama Paman Birin’ ini digelar serentak di 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan. Dihadiri Kepala Dinas Kominfo HSU mewakili Plt Bupati HSU, Forkopimda HSU, Pengurus Yayasan Ponpes Rakha, mahasiswa, serta santri.

Mewakili Plt Bupati HSU, Adi Lesmana selaku Kepala Dinas Kominfo HSU membacakan amanat tertulis Gubernur yang menyampaikan penghargaan pada pihak yang terlibat dalam penanaman pohon.

“Kebersamaan gerakan bersama dan gotong-royong sungguh kita rasakan pada saat ini. Kiranya kebersamaan seperti ini semakin menumbuhkan kesadaran untuk membiasakan menanam pohon di lingkungan manapun,” katanya.



 

 

Baca juga : Siapkan Kawasan Sebuku Indonesia Industrial Park, SILO-PLN Jalin Kerjasama Listrik 310 MVA

Ia mengatakan, dua atau tiga dasawarsa terakhir, kondisi hutan dan lingkungan di Kalsel mengalami kerusakan yang cukup parah. Dimana kerusakan hutan dan lahan mencapai 511.594 hektare.

Sedangkan rehabilitasi yang bisa tercapai melalui gerakan revolusi hijau hingga saat ini baru seluas 108.040,66 hektare.

“Kita menargetkan gerakan revolusi hijau bisa mencapai 32.000 hektar per tahun. Kita sangat bersyukur bahwa gerakan revolusi hijau mendapat dukungan yang luas dari berbagai pihak, dukungan itu datang dari pemerintah pusat, dan pemerintah kabupaten se-Indonesia,” imbuhnya.

Sementara disela kegiatan yang sama, Waka Polres HSU Kompol M Irfan, mengatakan aksi penghijauan dengan melakukan penanaman pohon ini dilaksanakan guna menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga : Final, SOPD di Pemkab Banjar Disepakati Berjumlah 27

“Hal ini bertujuan untuk melestarikan alam ini, kita sayangi alam maka alam juga akan bersahabat dengan kita,” katanya.

Ia juga berpesan agar gerakan menanam, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk penghijauan harus terus ditingkatkan, terutama bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Hulu Sungai utara.(kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->