Connect with us

HEADLINE

Banjir Rob Disebut Dampak La Nina, 17 Titik di Banjarmasin Terendam

Diterbitkan

pada

Banjir rob yang terjadi di Kota Banjarmasin, Minggu (5/12/2021) malam. foto : ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Banjir rob (pasang) melanda Banjarmasin, Minggu (6/12/2021) malam, hingga Senin (6/12/2021) dinihari, membuat sejumlah wilayah permukiman di ibu kota Kalimantan Selatan, terendam air.

Empat kecamatan di Kota Banjarmasin terdampak air pasang.

Tim pemantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin banjir rob diakibatkan La Nina menyerbu hampir seluruh wilayah kecamatan hingga Senin (6/12/2021) dini hari.

BPBD Kota Banjarmasin mendata ada 17 titik yang tergenang tersebar di empat kecamatan yakni Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Utara, dan Kecamatan Banjarmasin Selatan terdampak, dengan ketinggain air rata-rata 20 hingga 50 Cm.



 

 

Baca juga: Banjarmasin Dikepung Banjir Rob, Masjid Tergenang hingga Anak-anak Main Air di Malam Hari

Banjir rob yang merendam sejumlah wilayah di antaranya Jalan Jafri Zamzam, Belitung Selatan, Jalan Pembangunan Ujung Kuin Cerucuk, Jalan Rawasari Komplek Citra Sari (Teluk Dalam), Jalan Kuin Selatan, Jalan Simpang Anem, Jalan 9 Oktober (Pekauman), Jalan Cendrawasih (Belitung Selatan), Jalan Pangeran, Jalan Kelayan B (Kelayan Timur), Jalan Sutoyo S (Teluk Dalam), Jalan Belitung Gang Tunas Baru (Belitung Selatan).

Wilayah di Banjarmasin yang terendam banjir rob lainnya yakni Jalan Teluk Tiram Darat (Kelurahan Teluk Tiram), Jalan Keramat (Kubah Basirih), Jalan Antasan Kecil Barat (Kampung Arab) Pasar Lama, Jalan Sungai Jingah, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Komplek Kejaksaan dan Komplek Kidaung, Jalan Sungai Miai.

Tim BPBD Banjarmasin tanggap banjir rob. Foto: ist

Kalak BPBD Banjarmasin Fahruraji mengatakan, peningkatan ketinggian air di sejumlah wilayah kota Banjarmasin terjadi pada Minggu (5/12/2021) malam mulai pukul 19.30 Wita.

“Kawasan terendam kebanyakan berada di bantaran Sungai Martapura dan Sungai Barito akibat dampak La Nina. Memasuki dini hari pada Senin (6/12/2021), air sudah berangsur surut,” kata Fahruraji.

Baca juga: Buru Pengecer Narkoba ke Martapura, Polisi Banjarbaru Temukan 51 Gram Sabu

Dikhawatirkan intensitas hujan tinggi dan air kiriman dari hulu bagian sungai, bisa memperparah banjir rob melanda Banjarmasin.

Pada Minggu (5/12/2021) sekitar 23.00 Wita, melalui postingan resmi di akun Facebook dan Instagram Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meminta warga berhati-hati dan waspada banjir rob yang sedang melanda sejumlah permukiman di kota Banjarmasin.

“Asslm wr wb.. Selamat Malam Warga Kota Banjarmasin yang ulun sayangi.. saat ini air pasang (rob) mulai tinggi menggenangi kawasan dan pemukiman.. harap hati-hati di rumah.. Saling bantu, saling tolong disaat bencana alam spt fenomena tahunan, calap.. mudahan calap lakas surut.. sama2 kita berdoa agar diberi kesabaran dan terhindar dari bala musibah.. jika perlu bantuan bisa menghubungi POSKO BPBD di No Hp 08115191964. Salam hormat, H Ibnu Sina Walikota Banjarmasin, Pemko Banjarmasin,” tulis Ibnu Sina di akun media sosial Facebook dan Instagram miliknya. (kanalkalimantan.com/seno)

Reporter : seno
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->