Connect with us

HEADLINE

Ancaman Banjir, Warga Bersihkan Sungai Kemuning Ramai-ramai

Diterbitkan

pada

Pembersihan Sungai Kemuning dilakukan warga secara bersama-sama menjaga fungsi sungai, Sabtu (30/10/2021). Foto : bie

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Memasuki musim penghujan, daerah aliran sungai (DAS) Sungai Kemuning mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Setelah melakukan audiensi mengenai mitigasi bencana banjir dan sampah, Kecamatan Banjarbaru Selatan langsung melakukan aksi pembersihan sungai dan saluran air menyasar bantaran Sungai Kemuning.

Aksi pembersihan ramai-ramai ini dilakukan warga bersama aparat mulai dari hulu sungai di Kelurahan Sungai Besar, Guntung Paikat, Loktabat Selatan dan Kelurahan Kemuning, Sabtu (30/10/2021).



 

 

Baca juga: Gerakan Warga Bervaksin Lewat Warung Mama Cindy

Camat Banjarbaru Selatan,Taufik Purwanto mengatakan bahwa pembersihan sungai ini merupakan inisiatif warga bantaran Sungai Kemuning meminta bersama menjaga fungsi sungai dan antisipasi bencana banjir yang bisa tiba-tiba saja datang.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali saja, melainkan akan rutin digencarkan sebulan sekali guna menjaga kebersihan dan fungsi sungai agar terhindar dari banjir,” katanya.

Dalam pengawasan, Pemerintah Kecamatan Banjarbaru Selatan akan menunjuk 5-10 orang untuk mengawasi sepanjang bantaran Sungai Kemuning.

“Pengawas nanti akan memonitor, apabila ada yang membuang sampah kesungai akan diberikan teguran dan diberikan edukasi agar sama-sama menjaga sungai agar menumbuhkan jiwa sosial karena dalam perawatan sungai agar tetap pada fungsinya harus melibatkan seluruh warga,” pungkasnya.

Baca juga: Viral di TikTok Istri Polisi Pegang Segepok Uang, Kapolda Sumut: Kebiasaan Pamer

Dari pantauan Kanalkalimantan.com banyak sampah-sampah rumah tangga yang masih menghiasi bantaran Sungai Kemuning sekitar Kelurahan Guntung Paikat. Begitu jua tanaman gulam yang tumbuh liar melengkapi pemandangan permukaan Sungai Kemuning.

Masih ada oknum warga yang membuang sampah sembarangan ke sungai dan ada beberapa titik lokasi yang ditumbuhi rumput liar hingga menutupi dan membuat penyempitan arus Sungai Kemuning

Sementara itu, Aspiani warga RT 10 Kelurahan Guntung mengakui dirinya cukup senang dengan kegiatan pembersihan dan akan terlibat aktif dalam menjaga Sungai Kemuning untuk tetap bersih.

“Walau tidak bisa langsung sekali kerja bersih, kita usahakan untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang Sungai kemuning,”

Baca juga: Polres Banjarbaru Tegaskan Duel Maut di SPBU Liang Anggang Dipicu Miras

Menurut Aspiani, pembersihan ini akan dilakukan seluruh warga bertahap dan berkelanjutan setiap bulannya, sedikit demi sedikit untuk mengurangi jumlah sampah dan tumbuhan yang hidup di sepanjang Sungai Kemuning.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter: ibnu
Editor: bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->