Connect with us

HEADLINE

Air Mulai Genangi Sebagian Martapura, Masyarakat Diminta untuk Tidak Panik


BPBD Banjar Keluarkan Surat Imbauan Kewaspadaan


Diterbitkan

pada

Genangan air di permukiman warga di Kelurahan Jawa, Martapura Kota. Foto: tangkapan layar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Masyarakat di bagian hilir Sungai Riam Kiwa saat ini waspada akan adanya banjir kiriman dari bagian hulu.

Hingga Rabu (15/12/2021) terjadi genangan air di bagian hilir akibat meningkatnya volume air Riam Kiwa. Ini dikarenakan tingginya intensitas hujan yang turun dalam sepekan terakhir.

Berdasar video yang beredar di media sosial, daerah hulu yang tergenang air akibat luapan Sungai Riam Kiwa itu antara lain seperti di Kecamatan Sungaipinang, Pengaron dan Kecamatan Simpangempat.

Terakhir, berdasar data yang dihimpun kanalkalimantan.com, genangan air sudah terjadi di Kecamatan Martapura Kota dan Martapura Timur.



 

Genangan air di Jalan Melati, Tungglirang, Kecamatan Martapura Kota.

Baca juga : Waswas Aksi Penculikan Anak SD di Banjarmasin, Ini yang Dilakukan Polisi dan Sekolah

Di Kecamatan Martapura Kota, Jalan Melati yang menghubungkan Desa Bincau dengan Desa Tunggulirang telah tergenang air setinggi hampir 20 sentimeter. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan mengingat hujan yang masih turun di bagian hulu Riam Kiwa.

Apalagi bila melihat pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, seperti halnya banjir besar tahun kemarin terjadi di awal 2020. Saat itu tingginya intensitas hujan terjadi di bagian hulu Riam Kiwa berbarengan dengan di bagian hulu Riam Kanan. Akibatnya, bagian hilir di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar kebanjiran.

Menyikap hal itu, Pemerintah Kabupaten Banjar pun mengeluarkan surat Imbauan Kewaspadaan Terhadap Musim Hujan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Surat imbauan yang berisi delapan point penting itu ditandatangani Plh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, H Riza Dauly. Di antaranya mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

 

Surat Imbauan dari Plh Kepala Pelaksana BPBD Banjar.

Baca juga : Catat Tanggalnya! ‘Hibernasi’ Dua Tahun, Poetry In Action Kembali ke Mingguraya

Tak hanya Plh Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga menyebar imbauan mengenai kewaspadaan terhadap musim hujan itu melalui media sosial-nya seperti facebook, instagram dan status whatsapp.

Intinya, bupati mengharapkan masyarakat Kabupaten Banjar untuk tidak panik dan waspada akan bencana alam yang diakibatkan tingginya intensitas hujan saat ini.

“Kita harap masyarakat waspada dan semoga banjir seperti tahun kemarin tidak lagi terulang,” harap dia. (kanalkalimantan.com/dhani)

Reporter : dhani
Editor: kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->