Connect with us

Sastra

Catat Tanggalnya! ‘Hibernasi’ Dua Tahun, Poetry In Action Kembali ke Mingguraya

Diterbitkan

pada

Poetry in Action kembali digelar di Mingguraya setelah absen dua tahun. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Setelah hampir dua tahun absen karena pandemi, Poetry in Action alias kegiatan baca puisi di Mingguraya Banjarbaru dipastikan kembali digelar. Kegiatan yang menjadi wadah berkumpulnya para pegiat puisi berbagai komunitas berbagai berbagai daerah itu, rencananya diselenggarakan, Jumat (17/12/2021) lusa.

Poetry in Action di penghujung tahun ini mengusung tema “Sejagat Mata Semesta”. Pada acara nanti akan diisi bincang-bincang oleh para penggiat puisi, sekaligus peluncuran buku puisi buatan Buya Al Banjari dengan judul yang menjadi tema dari kegiatan.

Direktur Komunitas Bangku Panjang Mingguraya Banjarbaru, HE Benyamine, mengatakan pihaknya juga membuka partisipasi kepada seluruh pihak yang ingin turut meramaikan acara.

“Kita membuka partisipasi untuk pengisi acara, tampilan tradisi lisan, musikalisasi atau baca puisi, teater (petilan), monolog, tari dan lainnya. Kita tidak pernah mengklaim acara ini hanya milik Dewan Kesenian Kota Banjarbaru, karena tujuan kita ingin melibatkan seluruh sanggar maupun komunitas pecinta seni dan sastra,” ujarnya.

 

 

Baca juga: Diduga Teler, Seorang Pengamen Ditemukan Pingsan di Jalan Simpang Ulin Banjarmasin

Pria yang akrab disapa Bang Ben itu mengungkapkan bahwa buku puisi Sejagat Mata Semesta buatan Buya Al Banjari, berisi tentang motivasi untuk menguatkan masyarakat dalam masa yang penuh ujian. Mulai dari kondisi pandemi Covid-19, hingga bencana alam yang baru-baru ini terjadi seperti erupsi gunung Semeru, banjir, dan gempa.

“Berguru pada semesta berguru pada sesama, untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan kesabaran. Dalam acara nanti, siapapun dipersilahkan mengungkapkannya lewat puisi atau penampilan teater, monolog, atau bentuk lainnya. Tentu sangat membanggakan jika membacakan puisi karya sendiri yang berhubungan dengan tema di atas,” harapnya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarbaru Wartono, melalui Ketua Harian A Yani Makkie, menyambut baik atas rencana diselenggarakannya Poetry in Action tahun ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi kesempatan untuk memberi ruang kepada para pencinta puisi untuk kembali berkreasi dan meluapkan hobinya setelah lama hibernasi akibat merebaknya Covid-19.

“Kegiatan seni yang di Banjarbaru selalu mendapat respon positif. Karena saya lihat di setiap kesempatan ada saja yang berminat untuk ikut berpatisipasi. Apalagi Poetry in Action ini yang selalu rama dihadiri para penggiat puisi dari berbagai daerah. Semoga acara nanti bisa sukses dan tentu kita tekankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuntasnya. (kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->