Connect with us

Infografis Kanalkalimantan

10 Oktober, Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022

Diterbitkan

pada

Hari Kesehatan Mental Sedunia. Grafis: rideka/kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini karena mental yang sehat akan sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Selain itu, jika mental diabaikan dan bermasalah, itu akan memengaruhi aktivitas dan produktivitas orang tersebut.

Apalagi di pandemi yang masih berlangsung saat ini, itu akan sangat memengaruhi kondisi mental seseorang. Oleh karena itu, kesehatan mental penting untuk dijaga secara baik. Pentingnya menjaga kesehatan mental ini lalu dibuatnya Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Baca juga: Air Mancur Menari Kembali Diaktifkan Selama MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin



 

 

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia ini untuk mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah berbagai masalah yang sedang terjadi saat ini. Selain itu, masyarakat diminta untuk menyuarakan pentingnya kesadaran menjaga kondisi mental.

Peringatan satu ini dirayakan setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Hari ini diresmikan sebagai pemersatu kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan mental.

 

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022

Mengutip laman WHO, untuk tema Hari Kesehatan Mental 2022 yaitu “Make mental health & well-being for all a global priority”. Tema tersebut berfokus pada kesehatan mental yang menjadi prioritas global.

Dengan tema yang dibuat, WHO berharap masyarakat di berbagai negara mampu berfokus untuk menghadapi masalah-masalah terkait kesehatan mental. Pasalnya lebih dari 25 persen saat pandemi seseorang mengalami gangguan kecemasan dan depresi. Apalagi pada negara-negara berpenghasilan rendah masih sangat minim layanan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Selain itu, dengan adanya peringatan ini, diharapkan ada kesadaran bagi para pemangku kepentingan untuk memperhatikan kesejahteraan serta kesehatan mental sebagai prioritas utama.

Baca juga: Cekcok Minta Uang dan Surat Tanah ke Ibu Kandung, HY Bacok Ipar Sendiri hingga Meninggal

Sejarah

Melansir laman resmi Hari Kesehatan Mental Sedunia (WMHD), Hari Kesehatan Mental Sedunia sendiri dibuat oleh Wakil Sekretaris Federasi Kesehatan Mental Dunia, Jenderal Richard Hunter pada 1992. Namun, saat itu peringatan tersebut belum memiliki tema khusus.

Namun, pada 1994, atas saran Sekretaris Jenderal Eugene Brody, dibuat tema pertama untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yaitu “Improving the Quality of Mental Health Services throughout the World”, yang berarti meningkatkan kualitas layanan kesehatan mental seluruh dunia.

Setelah dibuat, pada tahun-tahun berikutnya selalu memiliki tema khusus yang berbeda-beda. Perayaan ini selain meningkatkan kesadaran, juga menjadi momen empati, bersatu, serta harapan untuk menciptakan perubahan tentang kesehatan mental. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->