Connect with us

Advertorial

Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Banjar Terbaik se-Kalimantan

Diterbitkan

pada

Penghargaan TPID terbaik diserahkan langsung Presiden Joko Widodo dan diterima oleh Bupati Banjar KH Khalilurrahman. Foto : pemkab banjar

JAKARTA, Kerja keras Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Banjar berbuah manis dengan meraih penghargaan TPID terbaik se-Kalimantan tahun 2017.

TPID Kabupaten Banjar termasuk dalam 5 TPID terbaik di Indonesia.

Penghargaan TPID terbaik diserahkan langsung Presiden Joko Widodo dan diterima oleh Bupati Banjar KH Khalilurrahman, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7).

Penghargaan diberikan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IX Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2017 yang digelar Bank Indonesia (BI). Sekadar diketahui Kabupaten Banjar merupakan satu-satunya TPID yang memperoleh penghargaan terbaik di Kalimantan. TPID Kabupaten lainnya yang memperoleh penghargaan serupa yakni TPID Kabupaten Deli Serdang, Bitung, Manggarai Timur dan Bangli.

Sedangkan untuk TPID terbaik tingkat provinsi diberikan kepada TPID Sumatera Utara, TPID Jawa Tengah, TPID Kalimantan Barat, TPID Sulawesi Utara dan TPID Nusa Tenggara Timur. Sedangkan tingkat kota lima terbaik diraih TPID Kota Padang, TPID Kota Kediri, TPID Kota Samarinda, TPID Kota Makassar serta TPID Kota Ternate.

Presiden Jokowi mengapresiasi kepada pemerintah daerah yang telah mampu mengendalikan harga-harga serta inflasi, sehingga dapat terjaga dibawah 4 persen selama tiga tahun terakhir.

Menurut Jokowi, sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan sangat bagus guna mengendalikan inflasi. Untuk itu, Presiden meminta kepada para pemimpin daerah Gubernur, Bupati dan Walikota agar kerjasama tersebut terus ditingkatkan.

Rakornas TPID merupakan kegiatan Pokjanas TPID yakni Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Bank Indonesia. Rakornas bertujuan untuk memperkuat sinergi dan sinkronisasi kebijakan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Bank Indonesia dalam upaya pengendalian harga. Rakornas TPID mengangkat tema “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkualitas”.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi menjadi tantangan pengendalian inflasi pada tahun-tahun mendatang, sehingga perdagangan antar daerah dan penggunaan teknologi dalam pemasaran menjadi hal yang penting untuk dapat dikembangkan.

Menko Perkonomian Darmin Nasution menambahkan, inflasi yang terkendali pada tahun-tahun terakhir, memiliki efek positif lainnya yakni turunnya angka kemiskinan, angka ketimpangan dan pengangguran.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman usai menerima penghargaan menyatakan syukur atas keberhasilan TPID Kabupaten Banjar menjaga inflasi di daerah, sehingga diganjar sebuah penghargaan dari pemerintah pusat. “Saya ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kinerja dari TPID Kabupaten Banjar,” ujar Bupati.

“Program kerja unggulan kita untuk pengendalian inflasi salah satunya yaitu kawasan Minapolitan. Pengembangan komoditas ikan patin dan tanaman padi sekaligus, sehingga potensi keduanya bisa dikembangkan bersama-sama dan dapat meningkatkan kesejahteraan, serta menjadi salah satu penyumbang pengendalian harga,” jelasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares
-->