Connect with us

Kabupaten Kapuas

Relawan PPKM Mikro Kaladan Jaya-Puskesmas Mantangai Pantau Kegiatan Posyandu Lansia

Diterbitkan

pada

Para lansia yang diperiksa kesehatannya di Posyandu Lansian Desa Kaladan Jaya. Foto: ags

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Posyandu merupakan fasilitas kesehatan dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di wilayah tertentu yang disepakati pengelolaannya oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan.

Kepala Desa Kaladan Jaya, Andelson menjelaskan, kegiatan Posyandu Lansia meliputi pemberian penguatan imun tubuh serta memberikan makanan tambahan bernilai gizi.

Kades Andelson yang juga sebagai Ketua Tim Relawan PPKM Mikro Kaladan Jaya, menyampaikan, petugas memberikan pemahaman tentang bahayanya Covid-19, relawan PPKM Mikro Desa Kaladan Jaya menjemput para lansia yang sudah tidak mampu lagi berjalan menuju balai desa.



 

 

Baca juga: Kabar Baik, Indonesia Kembali Kedatangan 1,4 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

“Mengingat sekarang masih dalam pandemi virus corona, masyarakat harus tetap waspada Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan. ikuti perkembangan informasi terkait Covi19, melalui Pos ppkm mikro yang merupakan bagian dari gugus tugas penanganan Covid-19 di Desa,” jelas Andelson.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Mantangai, Dr Timoty mengatakan, layanan fasilitas kesehatan yang prinsipnya akan mendorong tingkat kesehatan, produktif dan perkembangan gizi Lansia. Posyandu Lansia mendaftarkan Lansia, kemudian kader mencatat lansia ke buku register, dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah.

Kader melakukan pencatatan indeks massa tubuh, tekanan darah. Penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan.

Baca juga: Pelaku Penusukan di Kuin Cerucuk Dibekuk Polsek Banjarmasin Barat  

“Diharapkan para kader berdedikasi bersama elemen yang ada, agar hasilnya dapat optimal. dengan dibuktikan antusiasme pengunjung kegiatan Posyandu. selain itu perlu diketahui oleh masyarakat sekarang masih masa pandemi Covid-19,” katanya.

Masyarakat harus waspada, agar tidak terpapar Covid-19 dengan disiplin prokes, ingat 5 M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.(kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->