Connect with us

Bisnis

Poin Penting Saat Akan Transfer Uang ke Luar Negeri

Diterbitkan

pada

Ilustrasi transfer uang. Foto: Anna Shvets from Pexels

KANALKALIMANTAN.COM – Kebutuhan transfer dana ke luar negeri semakin tinggi karena semakin banyaknya pula pekerja Indonesia yang ada di luar negeri. Untuk transfer uang ke luar negeri sedikit berbeda dengan transfer uang di dalam negeri. Biasanya, terdapat regulasi yang cukup ketat untuk mencegah tindakan kejahatan yang tidak diinginkan.

Untuk itu, saat ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri Anda perlu perhatikan beberapa faktor terlebih dahulu. Beberapa hal ini penting diperhatikan agar transfer uang bisa lebih aman dan lancar.

Tips Transfer Uang ke Luar Negeri

Kini melakukan transfer dana ke luar negeri semakin mudah lewat banyaknya jasa pengiriman uang dengan aplikasi. Namun, perlu diperhatikan pula beberapa hal sebelum kirim uang ke luar negeri seperti berikut ini :



 

 

1.Perhatikan dan Cek Selalu Kurs Mata Uang Asing

Sebelum kirim uang ke luar negeri, maka perhatikan terlebih dahulu dan cek selalu kurs mata uang di negara itu. Karena tentu saja, uang yang Anda kirim nantinya akan dikonversikan ke mata uang asing. Cari tahu kurs mata uang terbaru, karena setiap detiknya bisa naik dan turun.

Ketika Anda tidak melakukan pengecekan nilai mata uang terlebih dahulu, nantinya Anda akan bingung jika ada perbandingan nilai tukar uang. Salah satu solusinya yaitu dengan mencari layanan yang bisa mengunci rate mata uang. Hal ini dilakukan supaya tidak akan membuat Anda rugi karena mata uang yang bisa berubah-ubah nilainya setiap saat.

Baca juga : Jadwal Tes SKD Molor hingga 4 Jam, Peserta Mengaku Hilang Konsentrasi

2.Kejelasan Rekam Jejak Pengiriman Uang

Karena pengiriman uang ke luar negeri biasanya lebih ketat daripada di dalam negeri, maka rekam jejak pengiriman uang juga harus jelas. Saat kirim uang ke luar negeri, tentu akan melibatkan pihak bank dan pihak remitansi. Terlebih jika Anda ingin melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan jumlah yang besar.

Jika pengiriman uang dengan asal dan tujuan tidak jelas, maka biasanya pengiriman tersebut akan ditolak. Pengawasan ketat yang dilakukan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya money laundering.

Baca juga : Camat Basarang Kirim Bantuan Banjir ke Dua Desa di Pulang Pisau

3.Besaran Biaya Saat Kirim Uang

Anda perlu memperhatikan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk kirim uang ke luar negeri. Untuk biaya kirim uang ke luar negeri membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal tersebut tergantung dengan besaran uang yang akan Anda transfer.

Jika Anda memiliki rutinitas transfer uang ke luar negeri berkali-kali, tentu biaya pengiriman akan cukup membebankan. Maka, Anda bisa memilih layanan jasa ataupun aplikasi dengan biaya pengiriman yang rendah.

4.Cermat Mencari Layanan Remitansi

Di zaman sekarang, cukup mudah untuk memilih jasa kirim uang ke luar negeri yang terpercaya. Bahkan, berapa jasa sudah bekerjasama langsung dengan jasa pengiriman milik pemerintah. Namun Anda harus tetap teliti dalam memilih jasa remitansi, sebaiknya Anda cari jasa remitansi yang terpercaya.

Jika Anda memilih untuk menggunakan jasa remitansi yang belum punya izin, maka pengiriman uang yang Anda lakukan ke luar negeri bisa termasuk dalam kategori pencucian uang. Maka, uang Anda juga bisa berpotensi mengalami penggelapan dana.

Untuk kewaspadaan, pilih jasa remitansi yang punya izin dari pemerintah. Hal tersebut membantu Anda untuk meminimalisir adanya jeratan hukum pada diri sendiri, hanya karena kesalahan saat melakukan transfer uang.

Baca juga : Suka Traveling, Ayo Tulis Cerpen Wisata Kalsel 2021!

5.Transfer Uang Ke Luar Negeri

Itu tadi beberapa yang penting yang perlu diperhatikan saat transfer ke luar negeri. Untuk Anda yang ingin mengirimkan sejumlah dana ke luar negeri dari layanan jasa terpercaya bisa memilih Flip dengan layanan Flip Globe.

Saat ini, Flip Globe tersedia untuk 12 negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, China, Hongkong, Korea Selatan, Turki, Jepang, India, Filipina, United Kingdom dan Australia. Flip Globe menawarkan nilai tukar uang dengan kurs terbaik dan juga transparan karena tidak ada biaya  tersembunyi.

Transaksi Anda juga bisa langsung diproses dengan konfirmasi lewat SMS yang dikirimkan oleh partner Flip. Terlebih lagi, proses pengiriman dana sangat cepat hanya membutuhkan waktu 1x 24 jam. (kanalkalimantan.com/rls)

Editor: kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->