Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Maksimalkan Pengelolaan Sampah, Tiga TPS 3R Diresmikan di Desa Karias Dalam

Diterbitkan

pada

Penyerahan secara simbolis infrastruktur TPS 3R di Desa Karias Dalam, Selasa (28/12/2021). Foto : dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Mengelola sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) di Desa Karias Dalam, Kecamatan Banjang, Selasa (28/12/2021).

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Mulianto saat serah terima sarana program TPS 3R, mengatakan program TPS 3R dimaksudkan untuk mengurangi sampah sekaligus pemanfaatan ulang sampah.

“Program TPS 3R atau tempat pengelolaan sampah dengan sistem reduce, reuse, dan recycle adalah program mengurangi sampah dari sumbernya, memanfaatkan ulang dan mengolah ulang yang pada akhirnya mengurangi sampah masuk ke TPA,” kata Mulianto mewakili Plt Bupati HSU.

Program ini tentunya sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkan, melalui TPS 3R tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga bisa menghasilkan produk-produk bernilai ekonomis.



 

Baca juga : Tambah Raihan Penghargaan STMB Award 2021, Banjarbaru Sabet Kategori Enabling Environment!

Program ini diharapkan masyarakat memilki dan juga bertanggungjawab dalam operasional dan pemeliharaannya dengan baik dan benar.

“Kami berpesan jangan sampai infrastruktur TPS 3R yang sudah dibangun tidak dipelihara dengan baik, apalagi kalau tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” ingatnya.

Dirinya berpesan pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten lebih perhatian dalam program TPS 3R guna keberlanjutan sarana yang telah terbangun.

“Telah dimasukkan dalam masterplan penanganan sampah, sehingga pembangunan TPS 3R di Desa Karias Dalam benar-benar memberikan manfaat sebagaimana tujuan yang dimaksudkan penyediaan infrastruktur itu,” tutupnya.

 

Baca juga : 15 Anak dari PNPP Polda Kalsel Terima Beasiswa dari Dua Perusahaan

Di lain pihak, Ketua TPS 3R Karias Dalam, Jumri, mengucapkan terima kasih seluruh pihak, Pemkab HSU, Pemerintah Provinsi Kalsel dan Balai Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah kementerian PUPR Provinsi Kalsel yang telah membantu dan mendampingi pembangunan TPS 3R ini.

“Kami berharap dukungan bapak, ibu semua, adanya TPS 3R lebih maksimal pengelolaan sampah khususnya di Karias Dalam,” harapnya.

Dalam peresmian tersebut, hadir pula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang HSU, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Kalsel, Camat Banjang, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa Karias Dalam. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<<

Paling Banyak Dibaca

-->