Connect with us

HEADLINE

Jalan Longsor Km 171 Tanbu Ditutup, Ini Jalur Alternatif Banjarmasin-Batulicin

Diterbitkan

pada

Jalan nasional longsor Km 171 di Desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, ambruk, Rabu (28/9/2022). Foto: satlantaspolrestanbu

KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pasca longsor jalan nasional di KM 171, Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, ruas jalan ditutup total aparat berwenang.

Jalan nasional lintas Kalsel-Kaltim yang menghubungkan Banjarmasin-Tanah Laut-Tanah Bumbu hingga Kotabaru dan Tanah Grogot, Kaltim ini ambruk membentuk jurang dalam puluhan meter.

Hanya sepelemparan baru, tak jauh dari ruas jalan nasional tersebut ada bekas galian aktivitas tambang batu bara.

Informasi yang dihimpun Kanalkalimantan.com, longsor di jalan nasional Km 171 Satui Barat tersebut terjadi pada Rabu (28/9/2022) sekira pukul 00.15 Wita, dan tidak ada menimbulkan korban.

 

 

Baca juga: Longsor Tambang Emas di Kotabaru: 5 Korban Tertimbun Belum Ditemukan, Total Korban 17 Orang

Sementara ruas jalan sudah ditutup total oleh Satlantas Polres Tanbu. Karena jalan di titik longsor tidak bisa dilintasi dalam kondisi membahayakan.

Akibat jalan nasional yang longsor di Kilometer 171 Desa Satui Barat membuat arus lalu lintas ditutup dan sementara dialihkan.

Jalan alternatif yang dipergunakan sementara longsor di jalan nasional Km 171 ditutup. Foto: satlantaspolrestanbu

“Kami melakukan pengalihan arus sementara di Km 171 Satui,” ujar Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo melalui Kasat Lantas AKP Guntur Setyo Pambudi, Rabu (28/9/2022) pukul 11.05 Wita.

“Sambil menunggu perbaikan dari pusat, kita melaksanakan penjagaan dan pengaturan di jalur alternatif dulu,” ujar Kasatlantas Polres Tanbu.

Baca juga: Gelaran Banjarmasin Sasirangan Festival ke-6, Ibnu Sina: Kain Lagundi Cikal Bakal Kain Sasirangan

Dirinya menjelaskan bahwa masalah dari penyebab longsor di jalan KM 171 Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, Tanbu, bukan wewenang Satlantas Tanbu untuk mengklarifikasi.

“Bukan ranah kami untuk menjawab penyebab longsor atau amblesnya jalur tersebut, karena banyak faktor yang bisa memyebabkan ambles,” imbuhnya.

Sementara ada dari pihak Polres Tanah Bumbu, menurunkan personel 9 anggota Satlantas Polres Tanbu dibackup 6 personel dari Polsek Satui untuk berjaga.

Sementara itu, jalur alternatif pengalihan dilakukan untuk mobil roda 6 atau lebih dari arah Banjarmasin masuk ke arah Simpang Empat Sumpol ke jalan houling HB Putra dan keluar di Simpang Tiga atau under pass H Abidin.

Untuk mobil roda empat yang datang dari arah Banjarmasin masuk Gang Munawar, Desa Sinar Bulan menuju jalan Houling HB Putra dan keluar di simpang tiga Desa Jombang.

Baca juga: Jalan Nasional KM 171 di Satui Tanbu Ambles

“Ikuti arahan petugas di lapangan, sementara rambu penunjuk jalan masih kita buat, dan tetap bersabar saling menghargai sesama pengguna jalan,” Kasat Lantas AKP Guntur.

“Insyaallah aman, kita pihak Polres Tanah Bumbu bersama melakukan tindakan pengamanan dan sambil kita berkoordinasi dengan perusahaan untuk jalan alternatif,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email