Connect with us

Kota Banjarbaru

Dua APILL Disiapkan, Atasi Kemacetan di Panglima Batur Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Ekspose pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) smart Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang akan dipasang pada dua titik di Kota Banjarbaru, Senin (13/5/2024) siang. Foto: prokopim

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menggelar ekspose pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) smart Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang akan dipasang pada dua titik di Kota Banjarbaru, Senin (13/5/2024) siang.

Wali Kota Banjrbaru, Aditya Mufti Ariffin memimpin rapat kordinasi bersama sejumlah stakeholder di antaranya Dishub, DPUPR, Disperkim, DLH, Disdagperin hingga pihak konsultan pembangunan ATCS.

Aditya mengatakan rencananya, ATCS ini akan dipasang pada dua simpang jalan yakni Jalan Panglima Batur atau di depan kantor Samsat Banjarbaru dan simpang Jalan Ahmad Yani di depan rumah dinas Wali Kota Banjarbaru.

“Hari ini beberapa SKPD termasuk pelaksana dan konsultan rapat membahas rencana pemasangan ATCS dua titik, pertama di depan Samsat, kedua ada di depan kediaman dinas Wali Kota simpang AZ,” ungkap Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin.

Baca juga: Dua Bapaslon Jalur Non Partai Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Banjarmasin

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin. Foto: prokopim

Dari hasil rapat tersebut, dijelaskannya proyek pembangunan ATCS hingga saat ini berjalan dengan baik. Pembangunan ATCS di titik Jalan Panglima Batur direncanakan selesai lebih dahulu pada pertengahan tahun.

“Kalau di depan Samsat sekitar pertengahan tahun, insyaallah Agustus atau September sudah dapat berfungsi,” ungkapnya.

Sementara ATCS dekat rumah dinas, sambung Aditya, pihaknya masih mengusahakan terkait izin pembangunan dari Balai Jalan.

“Idenya masih berjalan, tetapi juga perizinan dan lainnya juga kita bareng kan,” sambung dia.

Baca juga: Bupati Lepas TP PKK Banjar Wakil Kalsel ke Parade Budaya Nusantara

Ditambahkannya saat ini masih dalam tahap ide untuk dilakukan pembangunan ATCS di titik Ahmad Yani tersebut.

“Kalau di Ahmad Yani kita masih terkendala izin balai, mudah-mudahan ini cepat keluar izinnya sehingga pembangunannya juga bisa cepat,” jelas dia.

Dari rapat ini pula kata dia, diketahui pembangunan ATCS hingga saat ini berjalan dengan baik dan lancar.

Aditya meminta warga sekitar dan pelaku usaha di kawasan itu agar dapat bekerjasama dengan baik mendukung program pengatas macet ini.

Baca juga: Tak Ada Peminat Jalur Perseorangan di Pilwali Banjarbaru 2024 

“Mengingat tujuan dari kegiatan ini adalah kita ingin mengurangi beban yang ada di jalan,” jelas Aditya lagi.

“Dari smart APILL ini bisa melihat titik-titik padatnya di mana sehingga dengan cepat kita mengatur lalu lintas di sana dan mengurangi kemacetan-kemacetan yang ada di Kota Banjarbaru,” tuntasnya.

Adapun pada pekan ini Dishub Banjarbaru kembali akan melakukan rekayasa jalan satu arah di kawasan permukiman yang ada di dalam Jalan Pangeran Suriansyah hingga menuju kawasan taman di Banjarbaru. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->