Connect with us

Kabupaten Kapuas

Algrin Gasan Tinjau Banjir di Mantangai, Sekdes Tumbang Mangkutub Berharap Kiriman Bantuan

Diterbitkan

pada

Banjir di wilayah Kecamatan Mantangai mendapat kunjungan dari wakil rakyat Algrin Gasan SHut. Foto: dok.pribadialgrin

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Algrin Gasan SHut meninjau wilayah terdampak banjir sekaligus mendengar aspirasi warga di Kecamatan Mantangai.

“Kemarin ada desa dan dusun terendam banjir mencapai 30 hingga 100 centimeter, rumah warga terendam banjir, sehingga harus mengungsi ke daerah yang lebih tinggi,” kata Algrin, Rabu (17/11/2021).

Menurut politisi dari Partai Golkar ini, banjir merendam rumah warga di Desa Lapetan, Tumbang Morui, Tumbang Mangkutub dan Dusun Teluk Kajang, Tanjung Klanis dan Tuanan.

Algrin menambahkan, bukan saja rumah warga yang ikut terendam, fasilitas kesehatan dan pendidikan pun ikut terendam, sehingga aktivitas warga terganggu.



 

Baca juga : Sehari Menghilang, Paman Pentol Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai

Sementara untuk bertahan ada sebagian warga mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Namun ada yang masih bertahan di dalam rumah untuk menjaga harta bendanya, warga harus membuat semacam panggung agar tidak terendam.

“Kondisi bencana alam ini agar menjadi perhatian Pemkab Kapuas segera memberikan bantuan berupa bahan makanan, tenaga kesehatan dan obat-obatan,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Desa Tumbang Mangkutub, Suriato mengatakan desa tumbang Mangkutub saat ini luapan air sangat tinggi, bahkan destinasi agro wisata pemancingan semua bibit ikan raib karena ketinggian air melebihi dari kolam. “Begitu pula permukiman warga hampir tidak ada yang lepas dari banjir,” ujar Suriato.

Suriato mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Kapuas dapat memberikan bantuan berupa bahan pokok, obat-obatan, karena semua warga di desa Tumbang Mangkutub tidak dapat melakukan aktivitas secara normal. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->