Connect with us

HEADLINE

Vaksinasi Lansia Masih di Bawah 60 Persen, Banjarbaru Belum Bisa Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

Diterbitkan

pada

Vaksinasi anak di Banjarbaru masih terbentur syarat capaian target 60 persen. Foto : suara.com

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Banjarbaru dipastikan mengalami penundaan. Walau syarat vaksinasi dosis pertama dengan total sasaran minimal 70 persen telah tercukupi untuk kategori umum, tetapi belum tercapai untuk kategori vaksinasi Lansia. Capaian vaksinasi lansia dosis pertama ini mengharuskan tercapai minimal 60 persen.

Karena ini pulalah, di Kota Banjarbaru dipastikan belum bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, capaian vaksinasi untuk lansia baru 51,37 persen untuk dosis pertama, sehingga belum mencapai yang disyaratkan. Meskipun untuk dosis pertama bagi sasaran umum sudah mencapai 73,46 persen.

“Untuk Kalsel rata-rata di bawah 60 persen untuk lansia, sehingga di Banjarbaru masih mengupayakan vaksinasi lansia bisa mencapai 60 persen,” ungkap Kepala Dinkes Kota Banjarbaru, Rizana Mirza, Jumat (17/12/2021).



 

 

Kadis Kesehatan Banjarbaru Rizana Mirza. Foto: ibnu

Baca juga : Setara Production, EO Lokal di Balik Sukses Banjarbaru Murjdani Festival 2021

Dengan capaian 51,37 persen untuk vaksinasi lansia, Mirza optimis awal tahun sudah bisa melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dengan target 27.911 anak.

“Kalau kita melihat perkembangan yang akan datang ini, insyaallah awal tahun depan kita sudah bisa melaksanakan,” tambahnya.

Terkait vaksinasi, Mirza menerangkan sudah ada arahan Wali Kota untuk terus menggenjot dengan target 22 ribu orang tervaksin hingga Desember.

Vaksinasi lansia di Kota Banjarbaru masih terkendala banyaknya ketakutan yang didasari hoaks di masyarakat. Serta lansia yang merupakan umur 60 tahun ke atas sehingga rata-rata ada penyakit komorbid seperti darah tinggi, diabetes dan sebagainya.

“Padahal mereka-mereka inilah yang perlu segera mendapatkan Vaksin untuk perlindungan,” ujarnya.

Baca juga : Mahasiswa Balangan Demo Tuntut Percepatan Proyek Jembatan dan Perbaikan Jalan!

Untuk tim vaksinator dikatakan Mirza di 23 fasilitas kesehatan selalu siap untuk melakukan vaksinasi baik dari Puskesmas hingga Bus Vaksinasi.

“Kita masih kesulitan untuk menggerakkan masyarakat untuk mendatangi 23 tempat ini, padahal Puskesmas sudah bergerak ke masyarakat dengan Pusling, Bus dan sebagainya,” tandasnya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->