Connect with us

Kabupaten Kapuas

Vaksin Sinovac Dijadwalkan Tiba 10 Januari di Kapuas, Semua Puskesmas Siapkan Lemari Pendingin

Diterbitkan

pada

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas dr Tri Setya Utami. foto: ist

KANALKALIMANTAN. COM, KUALA KAPUAS – Vaksin Covid-19 telah tiba di Provinsi Kalimantan Tengah, menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dalam hal pendistribusian vaksin di Kabupaten Kapuas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tri Setya Utami mengatakan pihaknya terus berkoordinasi bersama instansi terkait perihal kapan vaksin ini akan datang di Kabupaten Kapuas. ”Memang rencananya tanggal 8 Januari ini, namun berubah menjadi tanggal 9 dan informasi terakhir yang kami terima, vaksin ini akan tiba di Kabupaten Kapuas tanggal 10 Januari 2021 ini, ” bebernya.

Tri Setya Utami mengungkapkan beberapa persiapan dalam menyukseskan program vaksinisasi ini diantaranya telah tersedianya gudang farmasi kabupaten yang terletak di jalan Trans Kalimantan, Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat. “Di gudang farmasi tersebut telah tersedia di lemari pendingin penyimpanan vaksin, dimana setelah kami hitung, kapasitasnya dapat menampung 1.600 vaksin,” katanya.

Terkait jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Kapuas nantinya, dr Tri Setya Utami membeberkan, untuk saat ini belum bisa merincikannya, karena progres vaksin ini selalu berubah-ubah, namun seluruh Puskesmas di Kabupaten Kapuas dipastikan telah memiliki kemarin pendingin penyimpanan vaksin sendiri.



 

Sementara itu, untuk petugas vaksinator nantinya, juga sudah ada dan untuk saat ini telah mengikuti pelatihan dari pusat yang dilakukan secara online. “Nantinya setelah pelatihan ini, mereka akan mentransferkan ilmunya kepada timnya di Puskesmas masing-masing,” ujarnya.

Mengenai target vaksin kedepan, seperti yang disampaikan oleh pusat, akan memprioritaskan tenaga kesehatan terlebih dahulu, sebab para tenaga kesehatan juga tenaga medis ini lah yang berhadapan langsung dengan pasien-pasien Covid-19. “Tenaga kesehatan ini mencakup yang bekerja di instansi pemerintah, klinik swasta maupun praktek pribadi, juga termasuk tenaga penunjang kesehatan lainnya,” tambahnya.

Kepada masyarakat, dr Tri Setya Utami menjelaskan, vaksinasi covid ini adalah upaya untuk pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19 dan sudah tentu vaksinasi ini memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk memberikan kekebalan kepada masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat jangan ragu terhadap vaksin covid ini, karena tentu sudah dilakukan pengujian oleh para ahli dan juga sudah dipastikan aman oleh Pemerintah. Masyarakat pun diminta agar tidak mudah percaya mengenai informasi vaksin dari sumber yang belum jelas atau informasi hoax.

Dengan adanya vaksinasi ini, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Walaupun vaksin sudah tersedia, masyarakat harus tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan agar usaha yang telah dilakukan selama ini tidak sia-sia,” jelasnya. (kanalkalimantan.com/ags)

Reporter : ags
Editor : kk

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->