Connect with us

Kabupaten Banjar

Tingkatkan SPAM, PDAM Intan Banjar Tambah Intake 500 Liter Per Detik

Diterbitkan

pada

PDAM Intan Banjar terus meninggkatkan pelayanan SPAM dengan menambah tekanan air di kawasan Intake Sungai Tabuk. Foto: Rendy

MARTAPURA, Salah satu program Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar ditahun 2019 adalah peningkatan pelayanan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dengan menambah tekanan air di kawasan Intake Sungai abuk dari 250 liter perdetik hingga mencapai 500 liter perdetik.

M Untung Hartaniansyah ST, Kasubag Humas PDAM Intan Banjar ditemui Kanal Kalimantan Rabu (16/1) mengatakan, guna meningkatkan pelayanan di tahun 2019 pihaknya akan melakukan penambahan debit intake di Sungai Tabuk sehingga berpengaruh terhadap pengoptimalan pelayanan di wilayah Cabang 1 dan Cabang 2.

“Guna meningkatkan pelayanan di tahun 2019 kita akan meningkatkan SPAM dengan menambah debit air di intake Sungai Tabuk yang tadinya 250 liter per detik menjadi 500 liter perdetik,” akunya.

Adapun pengaruh dari peningkatan debit air tersebut tentunya pelayanan kontribusi air di Cabang 1 yang meliputi Landasan Ulin, Liang Anggang, hingga Gambut dan Cabang 2 meliputi wilayah Manarap, Kertak Hanyar, Sungai Tabuk hingga Aluh-aluh dapat terlayani dengan optimal.

M Untung Hartaniansyah ST, Kasubag Humas PDAM Intan Banjar
Foto: rendy

“Peningkatan pelayanan SPAM di dua cabang tersebut tentunya akan berdampak baik kepada beberapa pelanggan kita yang berada di wilayah tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui di tahun 2019, salah satu mega proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh PDAM Intan Banjar yang sekarang terus digenjot untuk membuatkan jaringan pipa distribusi menuju kawasan Bandara juga terus dilaksanakan. Beberapa titik galian pembangunan dan pemasangan jaringan saluran pipa air bersih yang dilaksanakan dalam beberapa hari terakhir di wilayah Banjarbaru terus dikebut.

Adapun pipa yang dipasang dengan diameter 200 mm dangan panjang 6.450 meter tersebut diprediksi rampung pada Maret 2019 mendatang.

Sementara dari sekitar 86.000 pelanggan yang dimiliki PDAM Intan Banjar yang tersebar di dua daerah bertetangga Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Dengan adanya pemasangan pipa ditribusi menuju Bandara tersebut, diperkirakan bisa menambah sekitar 40.000 pelanggan baru. (rendy)

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares