Connect with us

Jawa Timur

Semeru Erupsi, Guguran Panas Sebabkan Dua Kecamatan Gelap Gulita

Diterbitkan

pada

Erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). Kolase foto: istimewa

KANALKALIMANTAN.COM – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur (Jatim) erupsi menyemburkan guguran panas dan abu vulkanis cukup tebal.

Abu vulkanik ini dikabarkan menjangkau dua kecamatan hingga menyebabkan suasana gelap gulita. Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl itu erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Erupsi Gunung Semeru ini sampai membuat masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh.

Hal ini dijelaskan Koordinator Kelompok Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kristianto. Sabtu (4/12/2021).



 

 

Baca juga : STOP PRESS! Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik Menyelamatkan Diri

Ia mengatakan berdasarkan data yang diterima oleh PVBMG, erupsi mulai terjadi pada pukul 13.30 WIB, diawali dengan keluarnya lahar pada pukul 13:30 WIB dan sampai saat ini masih berlangsung.

“Selain menyemburkan awan panas, gunung berapi tersebut juga mengalirkan lava panas,” ujarnya.

Anggota Polsek Candipuro yang sedang berjaga di sana bergegas meminta warga dan sopir-sopir truk pengangkut pasir segera menyingkir.

 

Baca juga : Rusak Parah Jalan Trans Kalimantan di Palampitan, Warga Keluhkan ‘Kubangan’, Mengadu Kemana?

Sebelumnya, masyarakat berkumpul untuk melihat banjir lahar dingin yang menerjang kawasan itu, terlihat abu vulkanik menutupi kendaraan yang berada di sekitar.

Hingga berita ini ditayangkan, proses evakuasi dan pengamanan masih terus berlangsung. Situasi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang gelap gulita. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->