Connect with us

Olahraga

Sebut Dua Lawan Tangguh Porprov Kalsel 2022, Cabor Atletik Banjarmasin Target 2 Emas di Setiap Nomor

Diterbitkan

pada

Muhammad Azhari (kiri) atlet lari jarak jauh 5000 dan 10000 meter dan Andre (kanan) atlet lari jarak menengah. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalsel 2022 yang akan dilaksanakan di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) tersisa kurang dari dua bulan.

Seluruh atlet dari setiap cabang olahraga (cabor) pun semakin meningkatkan intensitas dan kualitas latihan jelang Porprov 2022. Termasuk tim cabor atletik Kota Banjarmasin.

Salah seorang atlet Porprov cabor lari jarak menengah nomor 10.000-500 meter Kota Banjarmasin, Andre (22) mengatakan, saat ini dirinya tengah mempersiapkan banyak program latihan setiap harinya.

Mulai dari jogging yang dilakukan 10 sampai 15 menit setiap pagi hari, kemudian dilanjutkan dengan dengan jarak 400, 800, hingga 1000 meter dengan waktu dan kecepatan yang telah ditetapkan pelatih.



 

 

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran Warung Tahu Sumedang di Landasan Ulin

“Setiap sorenya kita dibagi lagi program latihan larinya, misalnya hari ini kita sprint jarak 600 meter, nanti dihitung 600 meter itu berapa waktunya, misalnya 1 menit 43 detik maka harus stabil di waktu tersebut selama pengulangan sebanyak 5 kali, kalau masih waktunya naik turun maka minggu depan diulang lagi sampai waktunya benar-benar stabil,” jelas Andre, ditemui disela latihan di SKB Mulawarwan Banjarmasin, Minggu (18/9/2022) pagi.

Sekadar diketahui, Andre sudah mendapatkan medali emas sebanyak 12 kali ini mengungkapkan penting sekali menstabilkan waktu dengan jarak tersebut agar tidak ada waktu yang naik turun.

“Penting juga menjaga dan meningkatkan kemampuan dalam diri sendiri, yang mana saat ini persiapan saya sudah 80 persen. Melihat dari pengalaman juga kita sudah strategi musuh, jadi optimis bisa mengalahkan musuh,” imbuhnya.

Selain meningkatkan kualitas fisik para atlet, membangun mental juara merupakan salah satu persiapan yang tak luput dilakukan.

Seperti halnya, Muhammad Azhari (21), atlet yang diturunkan untuk Porprov cabor lari jarak jauh nomor 5000 dan 10.000 meter Kota Banjarmasin.

Dirinya menyebut mental juara menjadi faktor penting yang harus dimiliki oleh atlet dalam menghadapi suatu pertandingan. Dirinya pun menargetkan 2 mendali emas di nomor 5000 meter dan 10.000 meter.

Baca juga: Ambisi Persebaru Membidik 3 Poin di Laga Pembuka

“Persiapan untuk fokus Porprov sudah sejak awal tahun dengan sampai hari ini kita selalu berlatih karena saya sendiri menargetkan 2 emas untuk jarak jauh 5000 meter sama 10.000 meter,” ungkap Ari.

Dalam menghadapi Porprov XXI Kalsel itu, lanjut Ari, terdapat beberapa tim dari wilayah lain yang kerap menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya.

Ari menyebut, terdapat dua lawan kuat yang menurutnya tim atletik Kota Banjarmasin perlu memiliki strategi khusus untuk menghadapinya. Dua tim atletik tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Banjar dan Kabupaten HSU.

“Kabupaten Banjar musuhnya sedikit berat, dan juga Amuntai (HSU, red) maka dari itu saat ini dengan persiapan sekitar 70 persen akan kami kejar terus dengan materi materi dari pelatih,” ungkap Ari.

Dalam ajang multievent olahraga terbesar se Provinsi Kalsel tersebut, tim atletik Kota Banjarmasin menargetkan juara umum dengan meraih 2 emas dari setiap nomor atletik yang dilombakan.

Seperti lari jarak pendek atau sprint, lari jarak menengah, lari jarak jauh, jalan cepat, lompat tinggi, lombat jauh, estafet, tolak peluru, lempar lembing, dan cakram.

Dua atlet yang masih kuliah ini pun meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Banjarmasin untuk dapat mengeluarkan kemampuan maksimal dalam menghadapi seluruh pertandingan Porprov Kalsel 2022 sehingga dapat mengharumkan nama Kota Banjarmasin. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->