Connect with us

Kota Banjarmasin

Pemko Banjarmasin Gelontorkan Rp 7 Miliar untuk Bangun Puskesmas Induk di Sungai Andai

Diterbitkan

pada

Lokasi akan dibangunnya Puskesmas Induk di Sungai Andai Foto: putra

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bakal merealisasikan pembangunan di Bidang Kesehatan dengan membangun Puskesmas Induk di kawasan Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, Kamis (18/2/2021). Ia mengatakan, dibangunnya Puskesmas Induk tersebut karena pertumbuhan penduduk di kawasan Sungai Andai cukup padat.

Terlebihnya, di Sungai Andai saat ini hanya ada puskesmas pembantu. Dan itu pun buka tidak setiap hari, hanya Senin dan Kamis dengan pelayanan imunisasi bayi serta ibu hamil.

“Tuntutan terhadap sebuah pelayanan kesehatan yang bermutu itu adalah sebuah keharusan, terlebihnya kawasan di sana cukup tinggi dengan pertumbuhan masyarakat yang sangat padat di atas 3.000 jiwa dan akan terus bertambah,” bebernya, Kamis (18/2/2021)



Disampaikan Machli, lahan milik Pemko yang akan dibangun puskesmas induk tersebut kurang lebih 3.000 meter persegi terletak di Jalan Kayu Manis. Puskesmas nanti akan dibangun dua lantai dengan anggaran Rp 7 miliar.

“Kota Banjarmasin dan anggota dewan sudah sepakat di tahun 2021 untuk membangun Puskesmas Induk bersumber dari APBD murni,” jelasnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Sungai Andai, Ade (29) mengatakan, sudah sangat menginginkan sarana kesehatan yang layak. Menurutnya puskesmas pembantu saat ini dirasa kurang optimal.

“Warga di sini memang menginginkan adanya sarana kesehatan utama, bukan puskesmas bayangan atau pembantu, dan semoga segera saja akan cepat dilaksanakan pembangunannya,” harapnya. (Kanalkalimantan.com/putra)

 

Reporter : Putra
Editor : Cell

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->