Connect with us

Kota Banjarmasin

Peduli UMKM Terdampak Pandemi, FMIPA ULM Siapkan Pasar Online untuk Produk Kuliner

Diterbitkan

pada

Tim Pengabdian FMIPA ULM berikan pendampingan pada pelaku UMKM terdanpak Covid-19 Foto: ist/tim fmipa ulm

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN- Pandemi Covid-19 membawa dampak bagi semua sendi kehidupan masyarakat, terutama terhadap Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kondisi ini membuat tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tergerak untuk memberikan perhatian.

Salah seorang kelompok UKM, Siti Haliyatul Hikmah yang bergerak pada bidang pembuatan dan penjualan snack dan kuliner, mengungkapkan kondisi setahun ini sangat menurun penjualan dan omzet usahanya.

“Di awal usaha sebelum pandemi kami rutin memproduksi cireng ikan patin dan ikan haruan frozen yang diambil oleh reseller dan penjual makanan yang dijajakan di sekolah. Sesudah pandemi ini karena sekolah libur, penjualan cireng ikan di sekolah-sekolah tidak ada lagi,” ungkap pemilik UKM Ilza ini.

Menanggapi hal tersebut, Tim PkM dari FMIPA ULM, Drs Abdul Gafur, M.Si., M.Sc., Ph.D. dan apt. M. Ikhwan Rizki, M.Farm dan mahasiswa melakukan pendampingan terhadap UKM Ilza yang berlokasi di Sungai Andai tersebut.



 

 

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, RSD Idaman Tambah Jam Besuk Pasien Umum

“Kegiatan PkM ini berfokus pada diversifikasi produk menjadi cireng siap saji dan produk bakso ayam dengan pemberian mesin penggiling daging. Kita buatkan rombong untuk berjualan produk jadinya dan didorong juga untuk memanfaatkan pemasaran digital di Go-food dan Grab-food. Selain itu juga dilakukan pembenahan sarana produksi untuk efisiensi, dan persiapan menghadapi pasca covid dengan asumsi pasar akan naik kembali,” ujar Dekan FMIPA ULM ini.

Siti Haliyatul mengungkapkan, sejak adanya penjualan online dengan media sosial dan memanfaatkan rombong untuk penjualan produk jadi omset penjualannya bisa naik kembali.

Selain itu produk yang dijualnya juga lebih bervariasi tidak hanya berfokus pada cireng ikan patin dan cireng ikan haruan saja. Siti juga mengucapkan terima kasih kepada tim PkM ULM dan berharap usahanya akan semakin berkembang ke depannya. (Kanalkalimantan.com/kk)

Reporter: kk
Editor: cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->