Connect with us

HEADLINE

MTQ Nasional Makin Dekat, Begini Progres Persiapan Jalur oleh Dinas PUPR Kalsel

Diterbitkan

pada

Perbaikan jalur-jalur menuju venue-venue MTQ Nasional Ke-29 di tiga kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022 yang menjadikan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah tinggal menghitung hari.

Perhelatan MTQ Nasional XXIX tersebut akan melibatkan Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar sebagai venue kegiatan.

Guna mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan terus mempersiapkan jalur-jalur menuju venue-venue di tiga kabupaten dan kota itu.

Baca juga: Emak-emak Pengutil Susu Kotak di Minimarket Berakhir di Tangan Polisi



 

 

Dinas PUPR Kalimantan Selatan juga tengah menyiapkan tiga jalur menuju tempat pembukaan serta penutupan MTQ XXIX nanti, yaitu jalur 1 sepanjang 21,84 kilometer ke arah Banjarbaru – Aranio Jalan Ir PM Noor.

Perbaikan jalur-jalur menuju venue-venue MTQ Nasional Ke-29 di tiga kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa

Kemudian, jalur 2 sepanjang 14,01 kilometer arah Cempaka melalui jalan H Mistar Cokrokusumo masuk melalui Jalan Cempaka Baru.

Jalur 3 sepanjang 17,77 kilometer arah Kabupaten Tanahlaut melalui Banyuirang Jalan H Mistar Cokrokusumo masuk melalui Jalan Raya Imban.

“Sedangkan untuk 11 venue lainnya berada di dalam kota di mana aksesnya mudah di lalui,” ujar Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan, Ir Ahmad Solhan ST, MT saat dikonfirmasi, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Pemindahan Kubur di Cilegon, Ratusan Jasad Puluhan Tahun Masih Utuh

Dia memaparkan, ada beberapa pekerjaan pada 2022 ini pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel yang dilaksanakan guna mendukung kegiatan MTQ Nasional.

Perbaikan jalan tersebut, ungkap dia, meliputi; pertama jalan Gunung Kupang — Kiram sepanjang 5 kilometer. Progres pembenahan jalan menuju astaka utama MTQ di Kiram Park hingga saat ini telah mencapai 77 persen.

Kemudian, lanjut Solhan, perbaikan jalan Martapura Lama sudah mencapai 85 persen.

Perbaikan jalur-jalur menuju venue-venue MTQ Nasional Ke-29 di tiga kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa

“Kami juga melakukan penanganan atas titik titik kerusakan di jalan Trikora Banjarbaru,” tegas dia.

Lalu bagaimana dengan perbaikan dan pembangunan jembatan? Solhan mengungkap, pembangunan jembatan Mandiangin di Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar kini sudah mencapai 84 persen.

Kemudian, sambung dia, pembangunan jembatan Aranaway di Desa Kiram Atas, Kabupaten Banjar yang terdampak banjir pada 2021 lalu progresnya saat ini sudah 25 persen.

Baca juga: KONI Balangan: Siap Tampil di Porprov XI, Ikuti 32 Cabor

“Diproyeksikan seluruh paket pekerjaan tersebut dapat diselesaikan pada Oktober 2022 mendatang tepat pada saat sebelum MTQ Nasional XXIX digelar,” tegas Solhan.

Diketahui, penunjukan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXIX  telah melalui tahapan dan berbagai pertimbangan. Misalnya, faktor kesiapan transportasi dan akomodasi serta sarana dan prasarana yang memadai.

Selain itu, dukungan pendanaan dan kerjasama dengan pihak terkait juga begitu kuat.

Ditambah lagi, karakteristik masyarakat Kalimantan Selatan terkenal religius dan moderat. Hal ini menjadi modal penting dalam melaksanakan MTQ Nasional.

MTQ Nasional XXIX akan dilaksanakan di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin pada 10 – 19 Oktober 2022.

Even Nasional ini mengangkat tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM Yang Unggul dan Qur’ani Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Religius dan Moderat”. (kanalkalimantan.com/dhani)

Reporter: dhani
Editor: kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->