Connect with us

Kab. HSU

MIN 9 HSU Wakili Kalsel Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2019

Diterbitkan

pada

Berbagai persiapan dilakukan MIN 9 HSU untuk mengikuti ajang sekolah sehat nasional Foto: dew

AMUNTAI, Menjelang penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional tahun 2019 pada Maret-April nanti, berbagai persiapan dilakukan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 9 Hulu Sungai Utara yang ditunjuk mewakili kabupaten dan provinsi di ajang sekolah sehat nasional.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Pendidikan HSU H Rahmat kepada Kanalkalimantan.com, Jumat (1/2). Sebelumnya Disdik telah menggelar rapat koordinasi bersama beberapa instansi terkait guna persiapan penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional.

MIN 9 HSU sendiri akan dibina kembali. Tak hanya dari Puskesmas Sungai Malang selaku leading sector kecamatan, akan tetapi dinas Kesehatan, Pendidikan, Kementrian Agama, Lingkungan Hidup dan dinas terkait.

“Adapun yang menjadi fokus utama dalam pembinaan kali ini yaitu sarana prasarana, pembinaan pola hidup sehat di sekolah, di sekitar sekolah, serta langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi penilaian sekolah sehat tingkat nasional,” terang Rahmat

Ia menambahkan, kendati beberapa poin perbaikan belum diambil keputusan, namun untuk poin-poin penting sudah harus dapat dicatat dan dievaluasi terlebih dahulu. Setelah itu dapat disampaikan kepada Wakil Bupati HSU selaku ketua pembinaan sekolah sehat untuk dapat mengambil langkah pastinya.

Pemerintah daerah sangat serius dan berkomitmen terhadap penilaian tahun ini karena sudah empat tahun berturut-turut HSU selalu menjadi finalis tingkat nasional. Yang terakhir tahun 2018 HSU meraih juara ke-2 di tingkat nasional.

Rahmat mengakui, pembinaan yang dilakukan selama ini dengan pembinaan tahun sebelumnya tidak memiliki perbedaan banyak. Karena fokus utama pembinaan dalam tingkat Sekolah Dasar ataupun MI masih dalam kategori yang sama.

“Apakah itu SD, MI, SMP, Mata atau SMA,MA, yang penting sekolah tersebut sudah layak diikut sertakan, kami tidak membedakan antara sekolah di bawah pembinaan Kemenag ataupun Dinas Pendidikan, kedua-duanya memiliki hak yang sama,” kata Rahmat.

Menurutnya, selama ini kunci kesuksesan Kabupaten Hulu Sungai Utara mengikuti berbagai kegiatan sekolah sehat tingkat provinsi atau nasional tidak terlepas dari peranan dan dukungan pemerintah daerah. Terlebih dari SKPD terkait dan organisasi-organisasi yang lain di dalamnya. (dew)

Reporter: Dew
Editor: Chell

Bagikan berita ini!