KPH Kusan Gelar Koordinasi ke IUPHHK-HT - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

KPH Kusan Gelar Koordinasi ke IUPHHK-HT

Diterbitkan

pada

Program kemitraan terus dilakukan KPH Kusan Foto: Dishut Kalsel

BANJARBARU, KPH Kusan kembali melakukan koordinasi ke IUPHHK-HT yang berada di wilayah kerja KPH Kusan, pada Selasa (31/7). Koordinasi ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.83/Menlhk/Setjen/kum.1/10/2016 Tanggal 15 Oktober 2016 tentang Perhutanan Sosial & Surat Kepala KPH Kusan Nomor : 522/115/PH/KPH.KS/2018 tanggal 25 Juli 2018 tentang Jadwal Kunjungan ke IUPHHK-HT.

Dalam kunjungan sekaligus koordinasi tim KPH Kusan yang terdiri dari (Kepala RPH Batulicin, Pelaksana Pemanfaatan Hutan, Penyuluh Kehutanan dan Bakti Rimbawan) ke PT Kodeco Timber ini diketahui perusahaan sudah melakukaan kemitraan dengan terbentuknya Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan luasan 136,8 Ha dengan jenis tanaman karet yang berlokasi di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat. NKK pun sudah ditandatangani.

Untuk target 2018, perusahaan masih harus memenuhi 212 Ha yang harus dimitrakan. Perusahaan akan menindaklanjuti target 2018, karena saat ini pihak perusahaan juga sedang melakukan orientasi / sosialisasi kemasyarakat mengenai realisasi kegiatan tahun sebelumnya.

Terkait Masyarakat Peduli Api (MPA), sudah ada MPA dari anggota KTH tersebut. Dengan adanya kegiatan koordinasi ini diharapkan dapat mendorong tiap IUPHHK-HT dalam percepatan kegiatan perhutanan sosial melalui kemitraan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP, terus mendorong upaya kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat maupun usaha. Hal ini guna mencapai target pelestarian kehutanan di Kalsel.

Sesuai arahan Gubernur Sahbirin Noor, Kalsel diharapkan terus konsisten melakukan pelestarian lingkungan untuk menjaga alam. “Salah satu yang terus dilakukan saat ini antara lain melakukan program kemitraan dengan membentuk berbagai KTH,” jelasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!