Connect with us

RELIGI

Keistimewaan Hari Jumat yang Penting Diketahui Umat Muslim

Diterbitkan

pada

Keistimewaan Hari Jumat yang Penting Diketahui Umat Muslim - Jamaah melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, Jumat (20/8/2021). Foto : Suara.com/Yaumal Asri Adi Hutasuhut

KANALKALIMANTAN.COM – Dalam Islam, hari Jumat diyakini memiliki banyak keistimewaan daripada hari-hari lainnya. Di hari Jumat juga, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Berikut ini beberapa keistimewaan hari Jumat yang sayang untuk tidak diketahui.

Mengenai keistimewaan hari Jumat, tertuang juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Muslim. Adapun bunyi haditsnya yaitu sebagai berikut:

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.”

Melansir dari NU Online, Jumat (29/10/2021), berikut ini keistimewaan hari Jumat yang penting untuk diketahui umat muslim. Simak baik-baik ya!



 

Baca juga : MA Batalkan PP 99/2012, Aturan yang Perketat Pemberian Remisi Koruptor

1. Waktu Mustajab untuk Memanjatkan Doa

Dibandingkan hari-hari lainnya, hari Jumat disebut menjadi hari paling istimewa dan menjadi hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa.

Maka dari itu, umat muslim dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa pada hari Jumat. Selain itu, dianjurkan juga untuk banyak bershalawat di hari Jumat.

2. Terlindung dari Siksa Kubur

Keutamaan hari Jumat lainnya yang perlu kamu tahu yaitu terlindung dari siksa kubur. Diketahui, jika seseorang muslim meninggal di hari jumat, maka ia akan terlindung dari pedihnya fitnah siksa kubur.

Hal itu tercantum juga dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang berbunyi sebagai berikut:

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”.

 

Baca juga : Sembilan Paket Sabu Antar ZA ke Tahanan Polsek Banjarmasin Selatan

3. Hari Terbaik untuk Mengeluarkan Sedekah

Keistimewaan hari Jumat selanjutnya sebagai hari paling baik untuk mengeluarkan sedekah. Seperti diketahui, sedekah merulaka amalan yang memiliki pahala melimpah.

Oleh karena itu, jika bersedekah di hari Jumat, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

4. Hari Penghapus Dosa

Hari Jumat juga mempunyai keistimewaan sebagai hari penghapus dosa. Hal itu tercantum juga dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan Imam Bukhari, berikut ini bunyi haditsnya:

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.”

Nah, demikianlah informasi mengenai keistimewaan hari Jumat yang penting diketahui umat muslim. Mari perbanyak amal baik di hari Jumat. (Suara.com)

Editor : Suara


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->