Kain Tenun Pagatan Akan Dipromosikan pada Diplomatik Tour - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Kain Tenun Pagatan Akan Dipromosikan pada Diplomatik Tour

Diterbitkan

pada

Kain tenun pagatan menjadi salah satu karya tradisi yang perlu dilestarikan. Foto : Dishut

BANJARBARU, Kasie PH bersama penyuluh kehutanan dan Bakti Rimbawan, berkunjung ke kantor Pusat Pemasaran dan Informasi Hasil Hutan pada Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel di Jalan Gatot Subroto Banjarmasin. Dari hasil kunjungan dan koordinasi dengan pembuatan kain tenun pagatan secara tradisional An. Abdul Azis sebagian salah satu pembuat kain tenun tradisonal pagatan, bersedia untuk dijadikan promosi atau Tour Diplomattik yang dilaksanakan Dinas Kehutanan melalui Pusat Pemasaran dan Informasi Hasil Hutan.

Penggerajin tradisonal kain tenun pagatan akan ikut ajang promosi atau Tour Diplomatik yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 sd 18 okt 2018, bertempat kantor Pusat Pemasaran dan Informasi Hasil Hutan di Banjarmasin. Kegiatan yang dipamerkan adalah memperagakan alat tradisional pembuatan kain tenun pagatan.

Dalam hal ini, turut juga dipamerkan alat tradisional gedduk untuk pengolahan kain tenun. Pembuatan kain tenun bisa menghasilkan kain tenung dengan ukuran lebar 60 cm dan panjang 4 m dan lama pembuatan 20 hari. “Alat tradisional berupa alat tenun bukan mesin, bisa menghasilkan kain tenun dgn ukuran lebar 110 cm dan panjang s.d 290 m dan sehari menghasilkan minimal 2 meter,” jelasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan