Kabupaten Banjar Kebagian 350 Ha Lahan Pertanian di HPS 2018 - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pertanian

Kabupaten Banjar Kebagian 350 Ha Lahan Pertanian di HPS 2018

Diterbitkan

pada

Tanam padi pejabat Pemkab Banjar di lahan pertanian HPS 2018. Foto : rendy

MARTAPURA, Diberi lahan sejumlah 350 hektare, Pemerintah Kabupaten Banjar turut sukseskan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Oktober nanti. Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah bersama Forkopimda, pejabat lingkup Pemkab Banjar serta Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil menggelar aksi tanam padi serentak di Desa Jejangkit Pasar Blok 3, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Sabtu (13/10) siang.

Menurut Nasrunsyah, tanam padi serentak dilakukan sebagai bentuk dukungan Pemkab Banjar terhadap Pemprov Kalsel dalam puncak perayaan HPS 2018.

Ditambahkanya, penyelenggaraan yang menghabiskan dana sebesar Rp 25 miliar tersebut dari 13 Kabupaten/Kota masing-masing memang diberikan lahan pertanian untuk dirawat dan ditanami.

“Kabupaten Banjar sendiri mendapat lahan seluas 350 hektare, dan kedepan hingga menunggu masa panen 3-4 bulan untuk perawatannya dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Perlu diketahui persiapan penyambut event akbar yang akan dibuku Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah Dubes asing serta ribuan undangan persiapannya sudah mencapai 99 persen.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian Peringatan HPS Tahun 2018 H Suparno, pada jumpa pers di Balai Rakyat kediaman dinas Gubernur Kalsel, Kamis (11/10).

Suparno mengatakan, kegiatan yang dilaksankan pada lahan tidur desa Jejangkit Muara dengan luas lahan 750 hektare tersebut sudah siap dibuka dan dipanen Presiden RI Joko Widodo pada 18 Oktober nanti.

“Ada 11 kegiatan yang akan dilakukan berkenaan dengan Hari Pangan Sedunia. Ada satu kegiatan di Desa Jejangkit dan 10 kegiatan lainnya di Banjarbaru,” jelasnya.

Untuk persiapan di lokasi, semua telah dilakukan matang. Bahkan di lahan seluas 750 hektare tersebut sudah dipasang perangkap tikus dan hama-hama sudah dimusnahkan. Begitu juga dengan helipad, venue H-2 sudah pasti rampung, pakir H-5 sudah siap, jembatan sudah selesai 95% persen, jalan pada H-2 sudah diaspal, dan ada juga 3 pompa besar. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan