Connect with us

HEADLINE

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

Diterbitkan

pada

Jemaah calon haji termuda Kloter 1, Muhammad Shofi Ariffin (19) berasal dari Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia tua atau pun masih muda, ketika sudah giliran mendapat panggilan ke Tanah Suci, beragam cara akan sampai ke sana.

Dari ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan paling tua ada nama Yurni Asman, berumur 86 tahun asal Desa Akar Bagantung, Kecamatan Martapura Timur.

Saat ditemui Kanalkalimantan.com, sebelum memasuki asrama haji, Yurni Asman mengatakan, dirinya telah menunggu selama 9 tahun untuk bisa berangkat menunaikan salah satu Rukun Islam itu

“Saya daftar haji sejak tahun 2015 jadi nunggu 9 tahun. Sehari-harinya saya bertani dan tiap hasil panen selalu ditabung untuk berhaji,” aku Yurni Asman.

Baca juga: Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

Yurni Asman (86) jemaah tertua Kloter 1 asal Desa Akar Begantung, Kecamatan Martapura Timur, ditemui sebelum memasuki Asrama Haji, Sabtu (11/5/2024). Foto wanda

Yurni mengatakan bersyukur dapat diberi kesempatan kembali untuk berangkat ke Mekkah dan Madinah bersama istrinya bernama Masturah (79).

“Sebelumnya pernah umrah tahun 2023, setelah menabung juga selama ini, bahagia dipanggil lagi ke Baitullah,” ungkap dia.

Selain jemaah calon haji tertua, Kabupaten Banjar juga memiliki calon haji termuda berasal dari Kecamatan Martapura Kota, bernama Muhammad Shofi Ariffin yang berumur 19 tahun.

“Alhamdulillah, di usia muda bisa berhaji, senang gembira sedih juga, karena terpisah dengan keluarga,” ungkap Muhammad Shofi Ariffin.

Baca juga: Karst Sangkulirang-Mangkalihat dan Delta Mahakam, Bentang Alam yang Terancam Eksploitasi

Dia menyebutkan calon haji termuda dari Kabupaten Banjar ada dua orang, dirinya dan satu lagi yang berusia 18 tahun.

Shofi mengaku berangkat satu rombongan dengan empat orang kakak dan pamannya, sedangkan orangtuanya tidak ikut berangkat.

“Saya daftar sejak tahun 2014 sejak usia sekitar 10 tahun, sekarang sudah kerja,” sambung dia. Menunggu sekitar 10 tahun akhirnya Shofi mendapat kesempatan berangkat haji pada tahun 2024.

Jemaah calon haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Kabupaten Banjar mulai masuk asrama haji, Sabtu (11/5/2024) pagi, dengan jumlah 320 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr Muhammad Tambrin menyebutkan, jemaah calon haji Kloter 1 ini terdiri dari 315 jemaah calon haji dan 5 petugas Kloter.

“Kloter 1 terdiri dari 315 jemaah calon haji, didampingi oleh ketua Kloter, satu pembimbing ibadah dan tiga petugas dari tenaga kesehatan yang terdiri dari satu dokter dan dibantu dua perawat,” ujar Tambrin yang juga Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Sabtu (11/5/2024) pagi.

“Petugas Kloter juga include dengan Petugas Haji Daerah (PHD),” sambung dia.

Baca juga: Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

Untuk diketahui, jemaah haji Kloter 1 sudah melalui fase pemberangkatan memasuki Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan pada Minggu (12/5/2024) pagi pukul 08.40 Wita.

Jemaah calon haji Kloter pertama rencananya akan dilepas langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.
(Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->