Connect with us

HEADLINE

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

Diterbitkan

pada

Jemaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin dari Kabupaten Banjar sudah masuk ke Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (11/5/2024) pagi. Foto : wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 1445 Hijriyah atau tahun 2024 ini.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel mendata, jumlah keseluruhan jemaah calon haji yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Banjarmasin berjumlah 5.759 orang.

Rinciannya, jemaah calon haji asal Kalsel ada 4.071 orang ditambah jemaah calon haji dari Kalimantan Tengah sebanyak 1.688 orang.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr Muhammad Tambrin mengatakan, jemaah calon haji tersebut akan diberangkatkan dalam 19 kelompok terbang (Kloter).

Baca juga: Karst Sangkulirang-Mangkalihat dan Delta Mahakam, Bentang Alam yang Terancam Eksploitasi

Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin, saat jumpa pers persiapan keberangkatan Haji 1445 H, Sabtu (11/5/2024). Foto: wanda

“Ada 13 Kloter haji asal Kalsel dijadwalkan berangkat, 5 Kloter jemaah haji dari Kalteng, dan 1 Kloter gabungan dengan jemaah dari Medan, dengan fase keberangkatan yang dimulai sejak 11 Mei hingga 9 Juni 2024,” ujar Muhammad Tambrin kepada awak media di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (11/5/2024) pagi.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin saat jumpa pers mengatakan tagline penyelenggaraan ibadah haji tahun ini adalah “Haji Ramah Lansia”.

Dari lima ribu JCH itu pula, ada sekitar 217 orang di antaranya berasal dari kalangan lanjut usia (Lansia).

Baca juga: Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

Paling tua terdata bernama Aslamiyah Maseh Uspa asal Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel, dengan usia 91 tahun. Sedangkan jemaah calon haji termuda berasal dari Kabupaten Tanah Laut, yakni Bagus Surya Haqiqi yang berumur 18 tahun.

“Layanan Haji Ramah Lansia dimulai dari Tanah Air pada waktu pelaksanaan manasik, di Embarkasi, di pesawat dan pada saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci nantinya, langsung tidak antre dan mendapat perhatian khusus dalam segala hal pelayanan,” jelas dia.

Selama berada di Embarkasi sambungnya, jemaah calon haji mendapatkan tiga kali makan dan dua kali snack. Serta difasilitasi konsumsi selama berada di Arab Saudi tiga kali sehari dengan total 127 kali makan.

“Dengan rincian di Mekkah 84 kali makan, Madinah 27 kali makan dan di Masyair 15 kali makan dan 1 kali snack,” katanya.

Baca juga: Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

Jamaah haji juga disebutkanya mendapatkan living cost sebesar 750 riyal atau Rp3.375,000 jika dikurs ke rupiah.

Begitu pun dengan pihak maskapai penerbangan, General Manager Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin, Agung Gunawan mengatakan pihak maskapai menyiapkan ada 30 kursi roda siap pakai untuk jemaah calon haji lansia.

Di sisi lain, maskapai juga menyiapkan tenaga untuk membopong jemaah jika kursi roda dibawa sampai ke dalam kabin pesawat.

“Kami bersama Kemenag menyediakan kursi roda 30 yang siap dipakai, ada juga tenaga yang akan membopong lansia sehingga sampai ke pesawat kami kita pastikan lansia dapat kesempatan duduk di barisan depan,” tuntas Agung Gunawan.

Baca juga: Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

Untuk diketahui, jemaah calon haji Kloter pertama berjumlah 320 orang yang berasal dari Kabupaten Banjar, termasuk dengan lima orang petugas Kloter.

Mereka sudah melalui fase pemberangkatan memasuki Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dan diberangkatkan pada Minggu (12/5/2024) sekitar pukul 08.40 Wita. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->