Connect with us

Kalimantan Selatan

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

Diterbitkan

pada

Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin MMPd. Foto: kemenagkalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin menggelar syukuran dan salat hajat untuk kesuksesan dan kelancaran proses operasional penyelenggaraan ibadah haji.

Salat hajat dihadoro Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Dr H Muhammad Tambrin MMPd, Kepala Bagian Tata Usaha, para kepala bidang Kanwil Kemenag Kalsel, PPIH Embarkasi Banjarmasin, di Masjid Syahraza Muhtadin  Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Jumat (10/5/2024).

Didahului dengan salat Magrib berjamaah, pelaksanaan salat hajat dipimpin KH Muhammad Ilyas MAg dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin, salawat Kamilah dan doa.

Kakanwil Kemenag Kalsel selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin mengatakan, pada 11 Mei jemaah haji Kloter 1 tiba di asrama haji, kemudian pada 12 Mei akan diberangkatkan ke Madinah. “Kloter pertama gelombang pertama akan menuju Madinah,” ujar Muhammad Tambrin.

Baca juga: Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 2022 tentang Koordinasi  Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kemenag memiliki tanggung jawab melayani pendaftaran haji, melayani pelunasan, melayani manasik, serta layanan akomodasi dan transportasi.

Khusus untuk tahun ini sambung Tambrin, layanan lansia mendapatkan fasilitas transportasi bus khusus dan layanan selama di asrama haji pun khusus. “Ini sebagai respon kita sesuai dengan tagline Haji 2024 Haji Ramah Lansia,” ujarnya.

Tambrin meminta agar dapat difasilitasi para stake holder terkait dan semua pihak yang terlibat yang tergabung dengan PPIH Embarkasi Banjarmasin.

Selanjutnya untuk layanan pemantapan manasik haji, Tambrin meminta agar bisa dimaksimalkan dengan materi terfokus, dengan testemoni manasik haji meski singkat namun update dan jelas.

Baca juga: Karst Sangkulirang-Mangkalihat dan Delta Mahakam, Bentang Alam yang Terancam Eksploitasi

“Usahakan supaya jemaah ini punya koneksi yang baik dengan para petugas agar ada keseragaman dalam pelaksanaan ibadah jemaah haji, ada kesepakatan tidak ada perbedaan antara jemaah dengan petugas,” ucapnya. (Kanalkalimantan.com/kemenagkalsel)

Reporter: kemenagkalsel
Editor: kk


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->