Connect with us

HEADLINE

Jelang Jokowi Resmikan Jembatan ‘Basit’, Satu Jalur Ditutup dari Sisi Batola

Diterbitkan

pada

Kondisi lalu lintas sebelum naik jembatan Alalak, Senin (18/10/2021) pukul 15.40 Wita. Foto: seno

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Kementerian PUPR melalui Ditjen Binamarga BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) XI Banjarmasin menutup jalur arus kendaraan di jembatan Sungai Alalak.

Informasi BBPJN, jalur arus kendaraan yang ditutup berada pada sisi arah Kabupaten Barito Kuala ke Banjarmasin mulai Senin (18/10/2021) pukul 13.00 Wita.

Pengalihan arus kendaraan tersebut dimaksudkan untuk rekayasa lalu lintas untuk peresmian jembatan Sungai Alalak.
Penutupan arus kendaraan sementara itu, rute dialihkan ke Jembatan Alalak 2 hingga pukul 21.00 Wita.

Rekayasa arus lalu lintas kendaraan tersebut berlangsung secara penuh mulai Selasa (19/10/2021) hingga H-1 peresmian jembatan Alalak. Hingga hari peresmian pada 21 Oktober 2021, arus kendaraan hanya dibuka satu jalur arah Banjarmasin ke Batola sisi sebelah kiri jembatan.



 

Baca juga : Izin Keramaian Dibuka, Bupati Eddy Raya: Festival Budaya DAS Barito Siap Digelar

Kepala BBPJN Wilayah XI Banjarmasin, Syauki Kamal membenarkan, recana peresmian Jembatan Sungai Alalak. Sempat viral disebut warga Kalsel dengan sebutan Jembatan Basit.

Saat Kanalkalimantan.com melihat langsung ke jembatan Sungai Alalak hingga pukul 15.50 Wita, sama sekali masih belum terlihat ada penutupan dan pengalihan arus kendaraan, baik roda dua dan empat masih bisa lewat dari kedua sisi.

Salah seorang pengguna jalan, Tarmizi (30) mengaku sering lalu lalang dari Banjarmasin ke Marabahan melewati jembatan Sungai Alalak mengatakan, tidak keberatan apabila ada penutupan dan pengalihan jalur arus kendaraan. “Asal tidak ditutup total,” ujar Tarmizi.

Supaya para pengguna jalan, kata Tarmizi, masih bisa lewat akses ke jembatan Alalak.
“Biar gak macet di jalan akibat penumpukan kendaraan roda rua dan empat,” ujarnya.
Sebelumnya, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK memastikan rencaka peresmian jembatan Sungai Alalak pada Kamis 21 Oktober 2021. Kehadiran Presiden Joko Widodo di Kalsel untuk kesekian kalinya.

 

Baca juga : Fortuner Tertimpa Truk Kontainer Milik Polisi, Pengemudi di Luar Sedang Minum Es

“Warga Kalsel tentunya sangat senang, dimana Presiden meluangkan waktu berkesempatan datang meresmikan jembatan,” ucapnya.

Selain peresmian ikon baru Kalsel itu, kedatangan Jokowi merupakan rangkaian kunjungan kerja (Kunker) ke Kalimantan Utara pada 19 Oktober 2021, kemudian berlanjut ke Kalsel pada 21 Oktober 2021 dengan sejumlah agenda.

Diantaranya, peresmian jembatan Sungai Alalak, menghadiri kegiatan vaksinasi massal di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan peresmian pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya di Batulicin. (kanalkalimantan.com/seno)

Reporter : seno
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->